Home / Artikel Kesehatan / 3 Resep Ramuan Herbal Mengobati Polip Hidung

3 Resep Ramuan Herbal Mengobati Polip Hidung

Polip hidung merupakan jaringan yang tumbuh pada saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip berupa jaringan lembut, tidak terasa sakit dan bukan kanker. Polip berbentuk seperti anggur bergantung pada batangnya. Sedangkan Sinus adalah lubang-lubang kecil berisi udara yang letaknya ada di sekitar tulang wajah.

Bentuk dan warna Polip hidung ini beragam. Polip yang memiliki ukuran besar dapat menyumbat saluran hidung, sehingga menimbulkan gejala berupa hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip yang memiliki ukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali. Polip tidak menaikkan risiko penderitanya untuk menderita kanker hidung.

Berikut adalah resep ramuan herbal untuk mengatasi polip hidung.

Resep 1

Siapkan beberapa bahan herbal, yaitu:

– 500gram temu putih

– juga 15 gram sambiloto

Cara meramu:

Cuci bersih semua bahan terlebih dahulu semua. Kemudian rebuslah bahan herbal tersebut dengan air bersih sebanyak 700 ml. Rebus dengan api kecil ingga air tersisa hanya setengahnya atau sekitar 350 ml. Saring, dan kemudian dinginkan. Untuk hasil yang maksimal, minum air rebusan dari kedua herbal tadi dua kali sehari.

Resep 2

Petik tujuh lembar daun sirih segar, segenggam daun cemara, dan satu ruas jari kunyit segar.

Cara meramu:

Cuci bersih terlebih dahulu semua bahan tersebut. Kunyit dikupas dan diparut. Lanjutkan dengan merebus hasil parutan kunyit tersebut dalam 10 gelas air, tambahkan juga daun sirih dan daun cemara yang sudah dirajang. Didihkan hingga tersisa kurang lebih 8 gelas. Tuang air rebusan herbal tersebut ke dalam baskom. Hadapkan wajah Anda pada baskom tadi dan hiruplah uap yang dihasilkan. Lakukan ini 2 kali sehari secara rutin agar polip hidung sembuh tuntas.

Resep 3

Resep ramuan ketiga ini terdiri dari 5 buah jeruk nipis, 1 ruas jahe segar, 20 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, dan 6 batang sereh.

Cara meramu:

Peras buah jeruk nipis dan ambil airnya kemudian tempakan dalam sebuah panci. Selanjutnya adalah campurkan perasan air jeruk nipis tadi dengan jahe yang telah diparut. Tambahkan cengkeh, daun sirih dan daun sereh yang sudah dimemarkan. Rebuslah semua bahan tersebut dalam panci dengan api sedang. Setelah mendidih matikan api. Minum hasil dari rebusan bahan tersebut secara rutin setiap hari, selama satu bulan.

sumber: http://www.obatin.com

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...