Home / Resep Ramuan Herbal / 8 Trik Mudah Mendeteksi Apakah Madu Asli Atau Palsu

8 Trik Mudah Mendeteksi Apakah Madu Asli Atau Palsu

Beberapa trik sederhana berikut ini akan membantu Anda mengetahui apakah madu yang Anda beli adalah asli atau palsu. Sudah sering kali terjadi  orang membeli madu palsu,ini  karena banyak madu palsu yang ditemukanberedar di pasaran di sekitar kita.

Bagaimanapun, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu kita jika ingin mengetahui dan  memeriksa kualitas madu . Hal yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk berikut  ini, kemudian cobalah trik sederhana ini untuk memastikan bahwa madu yang Anda beli adalah alami atau palsu.
1. Baca Label

Produsen madu diwajibkan untuk melabeli produk yang mereka buat, yang artinya label ini dapat sangat membantu ketika Anda ingin memastikan apakah madu yang Anda beli adalah palsu. Baca label dengan hati-hati dan pilih untuk madu yang tidak mengandung zat-zat aditif (seperti perisa, pengawet dan pemanis buatan).

2. Kristalisasi

Ini adalah fakta yang umum diketahui  bahwa madu tidak akan mengkristal jika itu adalah palsu. Madu palsu selalu tetap dalam komposisi cair, dibandingkan dengan madu alami yang mengkristal setelah beberapa saat.

3. Madu alami akan mudah terserap kulit

Ambil beberapa tetes madu oles diantara jari-jari Anda dan gosok dengan ujung jari. Ini akan membantu Anda mengetahui apakah madu Anda telah beli adalah palsu. Madu  palsu madu akan lengket dengan jari karena fakta bahwa madu palsu memiliki kandungan gula yang berlimpah dan juga pemanis buatan. Jika madu alami, itu akan diserap oleh kulit Anda dalam waktu singkat.

4. Karamelisasi

Karamelisasi merupakan proses pencoklatan bahan pangan yang mengandung gula. Apabila pemanasan terhadap gula menggunakan suhu yang sangat tinggi, maka gula akan berubah menjadi cairan bening.
Taruh madu dalam microwave dan lihat apa yang akan terjadi. Jika asli, madu akan terkarameisasi. Dalam hal bahwa madu adalah palsu, ia akan menjadi berbusa dan berbuih.

5. Uji Kertas

Tempatkan sejumlah kecil madu pada selembar kertas. Madu alami, kertas akan denan mduah menyerapnya. Jika kertas tidak menyerap madu, itu berarti bahwa madu itu mengandung air, yang membuatnya palsu.
6. Bug Trick

Semut tidak suka madu alam, yang dihasilkan oleh lebah. Ini berarti bahwa semut dapat membantu Anda mengetahui apakah madu Anda alami atau tidak. Letakkan beberapa tetes madu di tempat di mana Anda tahu ada kehadiran semut, jadi jika semut tidak ingin menyentuhnya, madu benar-benar alami.

7. Madu dan Air

Ambil sedikit madu Anda dan rendam dalam air untuk mengetahui apakah itu asli atau tidak. Jika madu mulai membuat butiran dan jatuh ke dasar air, ini adalah alami. Jika madu mulai larut dalam air, Anda harus tahu itu adalah palsu.

8. Roti dan Madu

Mengoles madu pada sepotong roti juga dapat mengungkapkan kepada Anda jika itu adalah madu asli  atau tidak. Jika roti menjadi keras, itu menandakan bahwa madu alami. Jika madu hanya meredam permukaan roti, maka mengandung banyak air, dan itu berarti bahwa itu adalah palsu.

sumber : http://www.non-stophealthy.**m/use-simple-trick-detect-fake-honey-everywhere/

Check Also

Luar Biasa Inilah Khasiat Dari Air Nabeez "Rendaman Buah Kurma"

Luar Biasa Inilah Khasiat Dari Air Nabeez “Rendaman Buah Kurma”

Kalian pasti udah pernah dengar dengan yang namanya infus water ya guys… biasanya infus water ...

...