Home / Artikel Kesehatan / Baking Soda dan Lidah Buaya Mengatasi Naiknya Asam Lambung Secara Alami

Baking Soda dan Lidah Buaya Mengatasi Naiknya Asam Lambung Secara Alami

Saat Asam lambung naik ke kerongkongan rasanya sangat menyakitkan, panas dan perih. Ini biasanya terjadi bila kita telat makan, atau terlalu banyak makan makanan berminyak atau karena makanan pemicu lainnya, bahkan stress pun bisa jadi penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Beberapa cara alami dan mudah ini mungkin dapat membantu meringankan derita Anda.

1. Kunyah-kunyah permen karet

Sebuah penelitian telah membuktikan mereka yang  mengunyah permen karet selama kurang lebih 30 menit dapat membantu dalam mengurangi keluhan naiknya asam lambung. Permen karet dapat merangsang produksi air liur. Asam lambung yang terakumulasi  dalam perut akan menjadi tercuci karenya. Bila asam dalam perut telah menghilang, maka gejala asam lambung naik akan hilang.

2. Baking Soda

Baking soda dapat dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri yang menjalar di ulu hati akibat naiknya asam lambung. Ini karena Baking soda punya sifat basa yang akan menetralkan asam lambung. Caranya ialah campurkan 1/2- 1 sendok teh baking s0da kedalam segelas air. Bila Asam lambung naik dengan frekuensi yang cukup sering, maka carilah cara lainnya. Jangan pakai ramuan baking soda setiap saat karena kandungan s0dium bikarb0nat yang terdapat di dalamnya yang mengandung garam akan memberikan efek samping seperti mual dan muntah.

3. Lidah buaya

Lidah atau aloe vera adalah salah satu tanaman yang berguna dalam membantu mengatasi asam lambung yang berlebih. Sifatnya meredakan dan memiliki efek anti inflamasi yang terjadi dalam esofagus. Asam lambung yang tinggi akan mengiritasi lambung dan juga kerongkongan akibat naiknya asam lambung. Manfaat dari lidah buaya ialah untuk mencegah asam lambung naik ke bagian kerongkongan. Caranya k0nsumsi 1/2 gelas lidah buaya sebelum makan yang dapat membantu untuk menenangkan asam lambung. Lidah buaya memiliki efek samping berupa laksatif ringan yang akan menimbulkan meningkatnya frekuensi BAB.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...