Home / Artikel Kesehatan / Bila Kram Otot Terjadi Saat Baru Bangun Tidur, Ini Yang Harus Anda Kerjakan

Bila Kram Otot Terjadi Saat Baru Bangun Tidur, Ini Yang Harus Anda Kerjakan

Kram otot merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba yang terjadi pada area kaki atau pada bagian tubuh lainnya. Kram otot dapat terjadi selama beberapa detik hingga beberapa menit dan kerap kali terjadi pada bagain kaki. Pada malam hari otot betis seringkali mengalami Kram. Biasanya keadaan ini sering terjadi ketika kita baru saja tertidur atau baru terbangun.

Kram otot ini terjadi karena tubuh kehilangan garam serta cairan. Kehilangan garam dan cairan ini disebabkan banyaknya  keringat yang keluar saat beraktifitas fisik yang berat atau kurang minum. Kram bisa juga terjadi karena otot yang bekerja terlalu keras tanpa adanya pemanasan sebelumnya. Kram umumnya bisa sembuh dengan melakukan peregangan dan memijat otot yang kram.

Berikut adalah cara memberikan pertolongan pada orang yang menderita kram otot.

1. Kram pada kaki

Bantulah korban untuk berdiri, dan tahan beban tubuhnya dengan kaki sisi depan. Sesudah kejang otot pertama berlalu, pijat-pijat kakinya.

2. Kram pada betis

Luruskan lutut korban, tekan dengan kuat dan mantap kaki ke atas menghadap ke tulang kering. Berikan pijatan pada ototnya dengan cara menekan untuk memberi dampak tenang pada otot.

3. Kram pada paha

Jika kram otot terjadi pada paha sisi belakang, maka bantukah meluruskan lutut korban, kemudian angkat kakinya. Sedangkan bila kram otot terjadi pada paha sisi depan, bantulah menekuk lutut korban. Kemudian berikan pijatan kuat pada kedua paha.

Paramedis biasa menyemprotkan spray ke pemain olahraga yang terkapar akibat kram atau cedera otot. Obat semprot ini disebut chlorethyl. Obat spray ini berguna untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit yang bersifat lokal.
Krim-krim analgesik yang dijual di pasaran juga dapat membantu meredakan kram otot untuk sementara.

Cukupi asupan cairan selama seharian terutama saat Anda sedang melakukan aktifitas berat, selalu melakukan pemanasan ketika akan melakukan latihan dan berolahraga, ini efektif untuk mencegah kram otot.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...