Home / Artikel Kesehatan / Buah yang Mampu Mengontrol Diabetes, Kolesterol dan Menurukan Tekanan Darah Tinggi

Buah yang Mampu Mengontrol Diabetes, Kolesterol dan Menurukan Tekanan Darah Tinggi

Buah belimbing atau bahasa asingnya Star fruit karena bentuknya menyerupai bintang, berasal dari semenanjung Malaya dan juga tumbuh di Amerika Serikat bagian selatan, Asia Tenggara, Karibia dan Amerika Latin.

Buah ini berwarna kuning ketika matang, dan rasanya adalah campuran manis dan asam dan menyerupai rasa anggur, pir, dan buah jeruk. Kombinasi ini membuatnya unik dan populer di kalangan penggemar buah.

Selain memiliki rasa spesifik, buah belimbing juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah ini sangat rendah kalori, hanya 31 dari 100g-nya, dan kaya antioksidan, vitamin C dan B, riboflavin, folat, niacin, dan mineral seperti kalsium, mangan, besi, zinc, dan kalium.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah ini:

–  Mengontrol hipertensi

Belimbing mengandung dalam jumlah tinggi kalium yang mengatur tekanan darah. Konsumsi secara teratur buah ini akan mengobati hipertensi.

–  Menurunkan kolesterol

Karena kandungan serat yang tinggi, buah belimbing dapat mempromosikan kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat menyebabkan penyumbatan arteri yang menyebabkan serangan jantung. Di sisi lain, konsumsi buah berbentuk bintang ini akan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

– Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah ini kaya akan vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit virus, seperti masuk angin, influenza, dan sejenisnya.

– Memperbaiki tidur dan memperlakukan susah tidur

Magnesium sangat membantu dalam megatasi gangguan insomnia dan sulit tidur. Buah belimbing yang kaya  mineral ini akan membantu Anda meningkatkan tidur dan mendapatkan istirahat yang cukup.

– Membantu pencernaan

Serat  dalam belimbing meningkatkan pencernaan, seperti membersihkan usus dan menahan air, memerangi sembelit. Konsumsi Belimbing akan meningkatkan pencernaan dan mencegah masalah pencernaan.

– Bermanfaat untuk kulit

Buah ini mempromosikan kesehatan kulit karena kandungan flavonoid-nya yang tinggi. Hal ini juga mencegah penyakit seperti dermatitis atopik dan psoriasis, dan juga kandungan zinc di dalamnya dapat mengobati  jerawat.

– Menyehatkan perkembangan janin

Buah belimbing kaya akan asam folat, atau vitamin B9, yang sangat berguna dalam kasus kehamilan. Asam folat sangat penting selama bulan-bulan pertama kehamilan, karena  penting untuk perkembangan yang sehat dari tabung saraf dan otak bayi. konsumsi belimbing secara teratur membantu melancarkan produksi ASI juga.

– Mengontrol Diabetes

Buah ini luar biasa manfaatnya bagi penderita diabetes karena rendah gula. Selain itu, serat di dalamnya akan menyeimbangkan kadar gula darah pada siang hari, karena akan mencegah penyerapan glukosa cepat dari usus.

– Memiliki aktifitas antimikroba

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah ini secara efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh E.coli, seperti Staphylococcus Aureus, Salmonella, Pseudomonas aeruginosa dan Klebsiella.

– Meningkatkan kesehatan mata

Karena kaya akan vitamin A, buah ini meningkatkan kesehatan mata.

catatan:

Meskipun banyak manfaat kesehatan, buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kasus penyakit ginjal, dialisis ginjal, atau gagal ginjal, karena tinggi asam oksalat. Jika mengonsumsi Belimbing secara berlebihan dalam kasus ini, dapat menyebabkan kebingungan, mual, dan muntah.

Juga, Anda harus mengkonsumsi hati-hati jika Anda mengambil obat-obatan seperti opiat, statin, atau benzodiazepin, karena mengandung zat yang dapat mengganggu obat-obatan ini, mirip dengan jeruk.

sumber: http://www.healthyfoodplans.net

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...