Home / Resep Ramuan Herbal / Cara Cepat Mengobati Gondongan Dengan Obat Alami

Cara Cepat Mengobati Gondongan Dengan Obat Alami

Penyakit gondongan kerap kali menyerang kanak-kanak hingga remaja. Gondongan ini terjadi karena bengkaknya kelenjar di bawah telinga yang disebut kelenjar parotid. Gondongan atau parotitis dapat terjadi pada orang dewasa, bahkan infeksi kelenjar ini juga terjadi pada testis dan payudara.

Gondongan atau parotitis disebabkan infeksi pada kelenjar air liur. Biasanya gondongan diawali dengan gejala demam, sakit kepala, dan menurunnya selera makan. Gejala-gejala ini diikuti dengan rasa nyeri di sekitar telinga dan sakit saat menelan makanan. Bengkak yang terjadi pada kelenjar ini terasa sakit jika disentuh. Penyakit ini menular melalui air liur lewat batuk atau bersin karena itu harus segera ditangani. Penanganan gondongan dapat dilakukan dengan cara alami dan tradisional.

Berikut adalah Ramuan tradisional yang memang dikenal ampuh mengatasi gondongan secara cepat dan tepat.

Resep 1

Siapkan bahan-bahan antara lain:  temu lawak, kencur, kunyit, dan temu ireng

cuci bersih semua bahan dan dirajang tipis-tipis, kemudian direbus dengan air menggunakan api sedang. Tambahkan gula aren untuk mengurangi rasa pahitnya. Minuma ramuan ini dua kali sehari agar didapat khasiatnya yang optimal.

Sedangkan untuk mengurangi pembengkakan kelenjar dari luar, dilakukan dengan cara berikut.

1. Ranting belimbing yang masih muda dengan 4 siung bawang merah dihaluskan sampai membentuk tapel/pasta. Lalu tempelkan pada daerah yang bengkak akibat gondongan. Lakukan setiap hari secara rutin sampai gondongan sembuh.

2. Dapat juga digunakan cara lain yaitu,

– Caranya daun simbar menjangan dan garam yang sudah dicampur air kemudian digiling.Bila sudah menyerupai pasta tempelkan pada daerah yang bengkak.

–  Jika menggunakan blau dan daun tapak dara, haluskan dan campur bahan tersebut dengan air lalu ditempelkan pada kelenjar yang bengkak akibat infeksi gondongan atau parotitis tersebut.

Tips lainnya: Usahakan agar penderita minum banyak air, jaga asupan gizinya, dan mendapatkan cukup istirahat. Ini dimaksudkan agar daya tahan tubuh penderita membaik. Gondongan disebabkan oleh virus jadi tidak diperlukan antibiotika khusus, yang utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh penderita agar virus tak berlama-lama menginfeksi kelenjar parotidnya.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Resep Jus Hijau Untuk Menghidrasi Otak Anda Dan Menghilangkan Migren

Jika Anda menderita sakit kepala migrain atau sakit kepala yang tak tertahankan rasa sakitnya itu. ...

...