Home / Artikel Kesehatan / Cara Mengobati mata bintitan

Cara Mengobati mata bintitan

Bintitan adalah peradangan pada kelopak mata baik kelopak mata bagian dalam (internal) maupun kelpoak mata bagian luar (eksternal).

Bintitan adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang berbentuk seperti jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap.

Mata Bintitan sebenarnya sama saja dengan bisul pada mata, bintitan ini disebabkan oleh baketri yang bernama staphylococcus aureus.

Bintitan adalah peradangan pada kelopak mata baik kelopak mata bagian dalam (internal) maupun kelpoak mata bagian luar (eksternal).Bintitan biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar.

Penyebab utama bintitan adalah bakteri stafilokokus. Bakteri ini biasanya hidup pada kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit. Tetapi risiko bintitan akan meningkat jika kita menyentuh mata dengan tangan yang kotor. Contoh infeksi akibat bakteri yang dapat memicu bintitan adalah infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Di samping bakteri, peradangan pada kelopak mata atau blefaritis juga dapat memicu terjadinya bintitan. Terutama jika Anda mengidap blefaritis jangka panjang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi akibat penyakit kukit rosaseae.

Mata bintitan akan menimbulkan berbagai gelaja diantaranya adalah adanya benjolan di kelopak mata yang semakin membesar setiap hari, benjolan ini akan terasa gatal dan sakit, warnanya merah dan membuat penderitanya susah untuk berkedip.

Terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala serta ketidaknyamanan karena bintil tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menjaga kebersihan mata, misalnya dengan menghindari pemakaian kosmetik untuk sementara.
  • Kompres air hangat. Mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 3-6 kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan.
  • Jangan memakai lensa kontak. Hindari lensa kontak sampai bintitan sembuh.
  • Analgesik. Anda bisa mengonsumsi analgesik atau obat pereda sakit jika dibutuhkan.

ADAPUN CARA MENGOBATI BINTITAN SECARA ALAMA ;

  • Cara mengobati mata bintitan dengan kompres air hangat

Caranya yaitu tuang air hangat ke dalam wadah. Siapkan kapas bersih dan celupkan ke dalam air. Angkat dan peras sedikit biar tidak menetes ke mana-mana. Setelah itu tempelkan ke permukaan mata yang mengalami bintitan.

  • Cara mengobati mata bintitan dengan daun sirih

Daun sirih adalah daun yang banyak sekali mempunyai manfaat untuk kesehatan termasuk mata juga. Kandungan yang terkandung memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa juga dibilang antiseptik. Mengobati mata timbilan dengan daun ini iyalah dengan cara membersihkan mata dengan air rebusan dau sirih.

  • Cara mengobati mata bintitang dengan bawang putih

Selain daun sirih, bawah putih juga merupakan bahan alami yang mempunyai banyak manfaat dalam dunia kesehatan. Dan untuk mempercepat penyembuhan mata bintitan dengan bawang ini adalah dengan getahnya.

 

 

 

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...