Home / Artikel Kesehatan / Daun Manggis Mengobati Hipertensi Dan Antikolesterol

Daun Manggis Mengobati Hipertensi Dan Antikolesterol

Khasiat Kulit Buah Mangis telah terkenal secara luas oleh masyarakat umum. Iklan suplemennya pun banyak bertebaran di media masa. Namun tak banyak yang tahu, bahwa daun manggis juga memiliki banyak khasiat sebagai obat, di antaranya:

Melawan dan mencegah gejala kanker

Daun manggis mengandung  senyawa aktif dan senyawa bioaktif. Senyawa-senyawa ini ternyata dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. Daun manggis juga memiliki manfaat antioksidan yang terbukti perannya mencegah sel kanker.

Menangkal gejala radikal bebas

Radikal bebas dituding sebagai biang kerok dari berbagai penyakit. Radikal bebas dipicu oleh polusi dan pecemaran lingkungan juga pola hidup yang tak sehat. Konsumsi vitamin seperti vitamin E dan vitamin C yang memang sudah terbukti dapat menangkal radikal bebas sehingga masyarakat merasa perlu untuk menambahkannya dalam asupan gizi sehari-hari. Daun Manggis dapat memenuhi kebutuhan ini karena daun manggis mengandung catechins. Catechins sangat berguna untuk memperkuat sistem imunitas tubuh kita dan kuat dalam melawan radikal bebas.

Mengobati penyakit mata

Masalah penurunan pengelihatan seperti mata minus, mata plus dan silinder telah banyak dialami orang. Ini Tidak lepas dari kebiasaan masyarakat dalam memandangi layar monitor atau smartphone selama berjam-jam baik untuk bekerja maupun belajar atau bahkan mencari hiburan. Kelelahan mata menyebabkan penurunan fungsi pengelihatan. Selain mengkonsumsi sayuran yang bermanfaat untuk mata seperti manfaat wortel anda juga dapat mengkonsumsi teh daun manggis untuk mengobati dan mempertajam fungsi indra pengelihatan mata anda.

Mengobati tekanan darah tinggi

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang dianggap sangat serius, selain itu jumlah pasien penderita hipertensi semakin hari kian bertambah disebabkan gaya hidup yang kurang sehat. Siasati saja dengan mengkonsumsi teh dari daun manggis. Menurut beberapa riset senyawa dalam daun manggis dapat meluruhkan lemak yang menyumbat pembuluh darah yang juga menjadi penyebab utama naiknya tekanan darah.

Mengobati diare

Daun manggis memiliki khasiat obat untuk mengobati diare. Ini karena kandungan zat tanin di dalamnya yang dapat menghentikan diare.

Menurunkan kadar kolesterol

Daun manggis dapat meluruhkan lemak sehingga  daun manggis juga dapat menjadi obat alami untuk mengurangi jumlah kolesterol darah.
Cara Mudah dan Praktis Membuat Teh Daun Manggis

Setelah Anda mengetahui manfaat luar biasa dari daun manggis tadi, mungkin Anda ingin membuat teh daun manggis untuk pengobatan secara tradisional di rumah . Untuk membuat secangkir teh daun manggis anda membutuhkan:

# Ambil 3 lembar daun manggis segar, cuci bersih.

# Didihkan daun manggis bersama tiga (3)  gelas air di atas api kecil.

# Tunggu hingga tersisa 1.5 gelas saja

# Minum teh daun manggis  rutin pada  pagi dan sore hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

Selamat mencoba!

 

sumber: manfaat.co.id

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...