Home / Artikel Kesehatan / DEMAM, Atasi Dengan Seduhan DAUN BELUNTAS

DEMAM, Atasi Dengan Seduhan DAUN BELUNTAS

Seseorang dikatakan sedang demam jika suhu tubuhnya 38 derajat Celcius atau di atasnya. Demam merupakan respon kekebalan tubuh terhadap keberadaan benda asing atau parasit yang merugikan tubuh. Selanjutnya ia disebut “Penjajah”. Penjajah ini dapat berupa virus, bakteri, jamur, obat-obatan, atau racun lainnya. Kehadiran “penjajah” memicu tubuh untuk bereaksi menghasilkan zat pirogen. Pirogen memberitahu otak di bagian hipotalamus untuk meningkatkan suhu tubuh. Naiknya suhu tubuh ini  dalam rangka untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Demam pada anak-anak juga bisa terjadi setelah imunisasi atau saat tumbuh gigi. Waspadai Gangguan demam yang disertai dengan gejala-gejala seperti menggigil, gemetar Sakit otot dan sendi Sakit kepala Terkadang Berkeringat, Jantung berdetak lebih cepat atau palpitasi (berdebar-debar), Kulit memerah, pingsan, pusing kelemahan Dengan suhu yang sangat tinggi (lebih dari 40 C), kejang-kejang, halusinasi, atau kebingungan mungkin saja terjadi.

Jika yang terjadi adalah demam ringan, Anda yang tidak suka minum obat atau alergi pada obat-obatan tertentu dapat mencoba resep ramuan berikut ini.

Daun beluntas untuk mengatasi demam

Petik sebanyak 15 helai daun beluntas segar. Cuci bersih dengan air mengalir, kemudian masukkan dalam wadah. Seduh dengan segelas air mendidih. Dinginkan lalu disaring. Minum satu gelas seduhan daun beluntas ini sekali sehari.

Jangan lupa saat menderita demam perbanyak minum cairan, dehidrasi dapat memperburuk kondisi demam.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...