Home / Artikel Kesehatan / Dinginkan PANAS DALAM Dengan 5 Bahan Alami Ini

Dinginkan PANAS DALAM Dengan 5 Bahan Alami Ini

Panas dalam merupakan gangguan kesehatan yang nyaris pernah dialami semua orang. Panas dalam sejatinya bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan suatu keadaan di mana terjadi ketidakseimbangan suhu di dalam tubuh. Ini sangat mengganggu, dan jika tidak segera diobati maka panas dalam dapat menjadi semakin parah. Kebanyakan panas dalam juga dapat menjadi pertanda datangnya suatu penyakit, terutama yang berkaitan dengan penyakit pada saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Sebab itulah kita mesti cermat dalam menangani panas dalam ini.

Panas dalam ditimbulkan banyak faktor, antara lain yaitu karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, menurunnya daya tahan tubuh, terlalu banyak konsumsi makanan yang pedas dan berlemak, kurang konsumsi serat, gangguan hormon, faktor cuaca yang panas, stres, atau akibat adanya peradangan. Panas dalam muncul dalam bentuk timbulnya sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut tak sedap, tenggorokan kering atau terasa sakit, rasa tidak nyaman di perut seperti mual, dan kembung, susah buang air besar atau sembelit, dan peningkatan suhu tubuh dari suhu normal.

Panas dalam umumnya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, karena dengan penanganan yang baik serta dengan terapi herbal yang tepat panas dalam dapat segera hilang dalam waktu yang relatif singkat. Berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati panas dalam.

Air kelapa muda

Kandungan elektrolit pada Air kelapa muda sangat efektif untuk menyembuhkan panas dalam juga dapat mengatasi dehidrasi dengan cepat. Itulah sebabnya jika kita  minum air kelapa muda tubuh akan merasa segar dan suhu tubuh kembali netral. Minum air kelapa muda juga dapat menyeimbangkan cairan elektrolit dalam tubuh. Untuk memaksimalkan khasiatnya minum air kelapa muda dengan tambahan madu.

Lemon dan madu

Buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi ini memiliki khasiat yang sangat penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta untuk mengatasi panas dalam. Merutinkan konsumsi buah lemon juga dapat memberikan kesegaran tersendiri bagi tubuh. Khasiatnya jadi makin sempurna bila ditambah dengan madu yang berfungsi untuk mencegah dari serangan penyakit infeksi. Saat terserang panas dalam segeralah membuat campuran lemon dan madu. Siapkan satu buah lemon, lalu diperas untuk diambil airnya dan masukkan ke dalam 1 gelas air matang. Tambahkan 6 sendok makan madu murni dan aduk hingga rata. Konsumsi secara teratur 2 kali dalam sehari maka panas dalam yang Anda derita akan segera sembuh.

Kacang hijau

Salah satu kacang-kacangan yang digemari di Indonesia adalah Kacang Hijau, selain lezat dinikmati sebagai hidangan bubur, kacang dengan kandungan serat yang tinggi ini maka dapat berkhasiat meredakan panas dalam sekaligus melancarkan pencernaan. Rutin mengonsumsi kacang hijau juga dapat memperbaiki sistem imunitas dalam tubuh Anda. Cara mengobati panas dalam dengan kacang hijau yaitu dengan menyiapkan 2 genggam kacang hijau dan masukkan ke dalam 3 gelas air. Lalu rebus sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring untuk diambil airnya dan minumlah secara rutin air rebusan kacang hijau tersebut untuk menyembuhkan panas dalam.

Cincau

Segarnya cincau ternyata juga jadi cara nikmat mengobati panas dalam. Cincau ini dibuat dari daun cincau yang diolah secara alami yang biasa digunakan sebagai campuran minuman untuk menciptakan efek yang menyegarkan. Selain menyegarkan dan menghilangkan dahaga, konsumsi cincau ternyata juga dapat meredakan panas dalam. Cara mengkonsumsinya Anda dapat mencampurkan cincau ke dalam minuman seperti biasanya, tetapi tidak usah menggunakan es. Sebab dengan konsumsi es justru dapat memicu radang sehingga panas dalam yang Anda alami justru semakin parah.

Kencur

Kencur, rempah dengan aroma khas dan rasa sedikit pedas menggigit ini yang merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang paling disukai.Tanaman herbal Kencur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk mengobati panas dalam. Kandungan mineral alaminya dapat berkhasiat untuk menurunkan panas di dalam tubuh. Cara mengobati panas dalam menggunakan kencur yaitu si@pkan dua ruas kencur seukuran ibu jari, dicuci sampai bersih, dikupas, kemudian diparut. Setelah diparut lalu diperas untuk diambil airnya. Campurkan perasan air kencur tersebut ke dalam setengah gelas air hangat. Konsumsilah ramuan ini secara teratur du@ kali dalam sehari.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...