Home / Resep Ramuan Herbal / Herbal Khas Daun Kemangi (Raihan) Atasi Diare, Bisul Dan Jerawat

Herbal Khas Daun Kemangi (Raihan) Atasi Diare, Bisul Dan Jerawat

Allah berfirman:
“Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya (Raihan). Maka nikmat Rabb-mu yang mana lagi yang kamu dustakan? (Ar-Rahmaan: 12-13)

“Dan apabila dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allaah), maka dia memperoleh ketenteraman dan Raihan (rezeki) serta surga kenikmatan (Al-Waqiah:88-89)

Rasuulullaah sallallaah ‘alayhi wasallam bersabda:
“Barangsiapa ditawari Raihan, maka janganlah ia menolaknya. Karena raihan itu ringan dibawa dan harum baunya” (H.R. Muslim,2254).
Setiap tanaman yang harum dinamakan raihan. Karena itu, setiap daerah memberikan nama yang berbeda pada tumbuhan itu. Contohnya, penduduk di wilayah barat, demikian pula bangsa Arab menamakan tumbuhan beraroma dengan raihan. Penduduk Irak dan Syam menamakan habaq dengan raihan.
Raihan bersifat dingin pada tingkatan pertama dan kering pada tingkatan kedua. Tanaman ini merupakan senyawa dari beberapa kualitas, didominasi oleh esensi bumi yang dingin. Raihan juga terdiri dari zat panas yang lembut. Raihan meringankan sakit kepala, memiliki daya pengering yang sangat kuat.
Raihan menghentikan diare, penyakit kuning, menghilangkan panas dan uap basah jika seseorang mencium baunya. Aromanya juga melegakan jantung dan mencegah wabah terutama jika ditebarkan di sekeliling rumah.
Raihan menyembuhkan tumor-tumor di dua ureter jika diborehkan di atasnya. Jika daun raihan segar ditumbuk dan dicampur dengan cuka lalu diletakkan di kepala, dapat menghentikan perdarahan hidung. Jika daun kemangi kering dihancurkan dan bubuknya ditaburkan di atas koreng basah, maka akan menyembuhkannya dan dapat membantu organ-organ lemah jika digunakan sebagai pembalut, menyembuhkan jari septis, serta menyembuhkan bintik-bintik dan koreng di tangan dan kaki.
Jika digunakan untuk menggosok tubuh, kemangi dapat menghilangkan keringat, mengeringkan lembab berlebihan dan melenyapkan bau badan. Jika seseorang berendam di dalam air raihan yang dimasak, maka air itu dapat mengobati infeksi di pantat dan vagina. Jika air itu dituangkan ke atas luka, maka dapat menyembuhkan sendi-sendi yang lemah dan tulang-tulang yang retak.
Manfaat lain kemangi adalah menghilangkan ketombe dan koreng basah serta bintik-bintik di kepala. Raihan dapat menghitamkan mencegah kerontokan rambut. Daun kemangi mengobati koreng basah, luka sariawan infeksi kulit, tumor akut, urticaria (hives) dan ambein. Caranya, daun kemangi ditumbuk dengan sedikit air lalu dicampur dengan sedikit minyak atau minyak mawar, kemudian digunakan sebagai pembalut.
Biji kemangi dapat mengobati batuk darah dan paru-paru, juga melapisi perut dan membersihkannya, mengobati diare dan batuk, dan ini merupakan kualitas khusus raihan yang jarang ditemukan pada obat-obatan lain. Biji kemangi juga membantu produksi urine dan menyembuhkan infeksi kandung kemih, gigitan laba-laba dan sengatan binatang berbisa. Berbahaya menggunakan akar railum untuk membersihkan gigi.
Menurut sebagian pendapat, kemangi Persia, yang juga dinamakan habaq, adalah panas. Jika dihirup, habaq dapat menyebabkan sakit kepala panas. Ada yang mengatakan jenis raihan ini dingin namun memiliki bagian dari empat jenis temperamen. Kemangi ini dapat membantu menidurkan mata.
Biji kemangi Persia mencegah diare meredakan perut mules, menguatkan jantung dan mengobati penyakit kuning.

Manfaat raihan atau daun kemangi lainnya diantaranya untuk menghentikan diare karena bad-tempered, mencegah polusi asap, menyenangkan hati, mencegah wabah dan menyembuhkan bengkak, menghentikan kerusakan pada empedu, mencegah masuknya uap yang panas namun lembab, dan apabila dihirup maka dapat berkhasiat melegakan organ hati secara signifikan, juga sebagai zat penawar bagi berbagai macam kuman dan bakteri. Tanaman kemangi juga dapat berkhasiat menyembuhkan pembengkakan yang muncul pada saluran kencing, apabila diletakkan di atasnya. Apabila daun tanaman kemangi yang kering ditumbuk halus, kemudian ditaburkan di atas luka yang masih basah, maka ia sangat berguna dalam mempercepat proses penyembuhannya. Daun kemangi Juga berkhasiat menguatkan organ-organ tubuh yang lemah, yaitu apabila daun tersebut dibalurkan padanya.
Tanaman kemangi ini juga berkhasiat untuk mengobati luka di sekitar daerah kuku. Juga bermanfaat bagi penyembuhan jerawat, bisul dan borok di sekitar tangan dan kaki yaitu dengan cara menumbuk daunnya sampai halus dan menaburkannya di atas luka. Daun kemangi yang dioleskan dan dipijatkan ke badan, berkhasiat menghentikan produksi keringat yang berlebih serta menghilangkan bau yang kurang sedap pada ketiak. Apabila daun kemangi ini direbus maka sangat berkhasiat memperlancar proses keluarnya tinja dari dubur, maupun proses persalinan melalui Rahim, juga berkhasiat mengendurkan persendian dan otot-otot yang kaku, dan jika dituangkan di atas tulang yang retak atau patah, yang masih belum menyatu, maka rebusan daun kemangi ini sangat berkhasiat membantu proses penyembuhannya.

Sedangkan biji tanaman raihan atau kemangi ini sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit TBC, yaitu darah yang keluar dari dada dan paru-paru saat batuk. Juga berkhasiat membersihkan isi organ dalam perut. Biji tanaman raihan ini tidak kontradiktif bagi organ dada maupun paru-paru. Karena ia juga sangat berkhasiat sebagai pencuci perut dari kotoran-kotoran yang dibarengi dengan batuk-batuk, padahal khasiat seperti ini jarang dijumpai pada obat-obatan. Juga berkhasiat untuk memperlancar kencing, sebagaimana tanaman ini berkhasiat sebagai obat penawar dari gigitan ular atau serangga kalajengking. Kegunaan untuk organ jantung, tanaman ini bisa memperkuat pembuluh-pembuluh (arteri) di dalamnya.

Dijelaskan oleh Dawud Al-Anthoki menuturkan seputar khasiat-khasiat tanaman raihan ini di dalam kitabnya At-Tadzkirah li Ulil Al-Bab “bahwasanya tanaman raihan ini berkhasiat mengharumkan ruangan maupun makanan, mengharumkan bau mulut, apabila daun tanaman tersebut dikunyah dan menyegarkan organ perut. Tanaman raihan juga berkhasiat meredakan otot-otot yang kejang dan kram, sebagai penguat sel-sel urat syarat apabila stamina badan menurun, menghilangkan penyakit susah tidur (insomnia). Begitu ia sangat berkhasiat menghentikan rasa sakit pada saat haid bagi wanita, penyeimbang syaraf-syaraf yang tidak stabil, pusing dan pening kepala (vertigo, migraine), rasa mual dan mulas pada perut, dan stress.

Sumber : Thibbun Nabawi. Penulis : Ibnul Qayyim Al-Jauziyah.dan sumber internet lainnya

Check Also

Resep Jus Hijau Untuk Menghidrasi Otak Anda Dan Menghilangkan Migren

Jika Anda menderita sakit kepala migrain atau sakit kepala yang tak tertahankan rasa sakitnya itu. ...

...