Home / Artikel Kesehatan / Ingin Langsing? Bakar Kalori Lebih Banyak Dengan TIDUR!

Ingin Langsing? Bakar Kalori Lebih Banyak Dengan TIDUR!

Orang berpikir bahwa membakar kalori sangat menyulitkan dan butuh usaha ekstra.Tak ada cara lain yang dapat membakar kalori kecuali dengan berkeringat dan beraktifitas berat. Padahal, beberapa cara dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mebakar kalori tanpa harus berkeringat dan tersengal-sengal 😀

Jika Anda masih berniat untuk menurunkan berat badan, berikut adalah cara membakar kalori sambil tertidur. Impossible mungkin menurut Anda. Tapi coba baca deh, mungkin anda akan berubah pikiran 🙂

1. Konsumsi protein sebelum tidur

Pria yang mengonsumsi 30 gram minuman berprotein sebelum tidur menurut Para peneliti di Florida State University akan mengalami pembakaran kalori istirahat yang lebih tinggi (berapa banyak energi, atau kalori, yang dibakar oleh tubuh saat istirahat) pada keesokan harinya. hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apa – apa sebelum tidur. Menarik ya… tidak ada salahnya dicoba.

2. Tidur dalam keadaan gelap

Secara ilmiah tubuh akan memproduksi hormon melatonin hanya saat keadaan gelap. Hormon melatonin tidak saja membuat Anda mengantuk tapi juga membantu pembakaran kalori di dalam tubuh, demikian menurut Journal of Pineal Research.

3. Turunkan suhu di dalam ruangan

Tidur dengan udara yang dingin dapat membantu membakar kalori lebih banyak sepanjang malam.
Mereka yang tidur di suhu dingin, dapat membakar 7% kalori lebih banyak dibanding yang tidur di suhu yang lebih hangat, setidaknya demikian menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Diabetes.

Mengapa bisa demikian? Ini karena tubuh harus bekerja ekstra untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jumlah kalori yang dibakar dalam waktu 24 jam adalah lebih dari 100 kalori.

4. Matikan perangkat elektronik

Cahaya biru gelombang pendek yang berasal dari perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet ataupun laptop, dapat menganggu produksi hormon melatonin begitu menurut Penelitian dari Manchester University.
Cahaya biru ini mengganggu kelelapan tidur dan metabolisme tubuh jadi terganggu. Sebuah penelitian yang ada di Singapura juga menghubungkan paparan cahaya TV dengan tingginya tingkat trigliserida dalam darah terkait dengan sindrom metabolik dan diabetes.

5. Cukup waktu untuk tidur

Mayo Clinic memberikan rekomendasi untuk orang tidur 7 hingga 8 jam dalam sehari agar dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, sekalipun Anda sedang tidak aktif.

Orang yang cukup istirahat, memiliki kemampuan tubuh membakar kalori pada waktu istirahat (resting energy expenditure) 5% lebih tinggi dan membakar 20% kalori lebih banyak setelah makan dibandingkan mereka yang kurang tidur demikian yang diungkap oleh Sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan sel kurang sensitif terhadap insulin dan dapat menaikkan risiko mengidap diabetes.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...