Home / Artikel Kesehatan / Ini Alasan Mengapa Nyamuk Suka Berdengung Di Sekitar Telinga Kita

Ini Alasan Mengapa Nyamuk Suka Berdengung Di Sekitar Telinga Kita

Menyebalkan sekali ketika hendak mengawalai tidur terdengar nyamuk terbang di sekitar telinga kita. Suaranya yang berdengung di telinga kita sungguh sangat mengganggu.

Nyamuk adalah serangga yang dianggap mengganggu dan merugikan kesehatan manusia. Populasinya milyaran, hingga mustahil untuk memberantasnya. Disemprot nyamuknya, eh dateng lagi saudaranya, disemprot lagi eh dateng lagi saudaranya. Sungguh menjengkelkan! Dan tidak ada yang paling menjengkelkan dari nyamuk yang berdengung di dekat telinga kita ketika kita akan terlelap tidur!

Sebenarnya kenapa sih kok nyamuk suka sekali berdengung di dekat telinga kita?

Ada beberapa kemungkinan untuk itu.

1. Telinga kita merupakan bagian dari tubuh yang memiliki suhu yang paling mendekati suhu inti tubuh. Ini berarti suhu di telinga adalah yang paling konstan atau paling stabil, dan suhunya lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Ini disebabkan oleh membran tympani yang hanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus dan darah pada arteri karotis interna dan eksterna (pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani). Nyamuk dikaruniai oleh Allah sebagai salahsatu serangga yang mampu mendeteksi hawa panas. Saat mendekati daerah sekitar kepala manusia, nyamuk cenderung sangat tertarik pada panas di area telinga. Inilah yang bisa menjadi salah satu jawaban atau alasan mengapa nyamuk lebih suka terbang dan mendengung di seputaran telinga kita.

2. Nyamuk mempunyai instink sangat menyukai aroma tubuh kita. Nyamuk-nyamuk ini sangat suka aroma keringat yang keluar dari kelenjar keringat disekitar kepala manusia. Sehingga nyamuk cenderung sangat menyukai dekat-dekat dengan bagian sekitar kepala bukan telinga. Ini karena pada bagian kepala terdapat kelenjar keringat yang tertutupi oleh rambut. Aroma dari keringat yang tertahan di rambut itulah yang disukai oleh nyamuk. Perhatikan saja, jika seseorang beberapa hari tidak mencuci rambut, nyamuk akan banyak yang mendekat di sekitaran kepala akibat aroma khas dari keringat di sekitar kepala. Perhatikan juga seseorang yang baru selesai mencuci rambut dan memakai shampoo, maka wangi shampoo akan membuat nyamuk menjauh.

3. Nyamuk tidak mendekati bagian tubuh hanya telinga saja. Akan tetapi juga pada bagian-bagian tubuh yang lain, seperti tangan dan kaki. Nyamuk kerap kali menggigit pada bagian tubuh yang terbuka (yaitu yang tidak tertutup pakaian).

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...