Home / Artikel Kesehatan / Ini Herbal Yang Boleh Dan Herbal Dilarang Bagi Penderita Autoimun

Ini Herbal Yang Boleh Dan Herbal Dilarang Bagi Penderita Autoimun

Penyakit autoimun dulunya adlah penyakit langka, namun semakin ke sini penyakit yang dimana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan sehat orang tersebut sendiri ini makin banyak penderitanya. Penyakit ini termasuk penyakit kronis namun tidak menular, tapi dapat menimbulkan kematian. Dikenal  banyak macam jenis penyakit autoimun. Menurut AARDA.org, setidaknya ada 150 penyakit dalam kategori autoimun; contohnya: Lupus, type 1 diabetes, Multiple Sclerosis, Rheumatoid.

Sistem kekebalan tubuh atau disebut sistem imun berfungsi untuk melindungi tubuh dari ‘ancaman’ yang dapat membahayakan tubuh seperti bakteri dan virus. Sistem imun pada penderita autoimun tidak bisa membedakan antara jaringan yang sehat dan ‘ancaman’, ‘self’ dan ‘nonself’. Sistem imunnya diaktifkan untuk melawan jaringan sehat penderitanya sendiri. Penyebab terjadinya kesilapan tersebut hingga saat ini belum diketahui meskipun beberapa teori telah diutarakan. Teori yang cukup sering diungkapkan adalah virus sebagai pemicu pada individu yang rentan secara genetik, namun hingga sekarang teori ini belum dapat dibuktikan betul. Hal ini bukan berarti penyakit autoimun adalah penyakit menular karena bukan virusnya yang menyerang dan menjadikan penyakit tapi memicu sistem imun menyerang sehingga menjadi penyakit. Kelainan genetik telah banyak dibuktikan terkait dengan penyakit autoimun, namun hanya menyebabkan kerentanan seseorang terkena penyakit autoimun, sebagai faktor risiko dan bukan sebagai pemicu. Adanya riwayat keluarga dengan penyakit autoimun bisa membantu mendukung diagnosis penyakit autoimun pada seorang individu yang dicurigai menderita penyakit autoimun meskipun tidak sama jenisnya.

Dalam perkembangan dunia medis barat, belum didapatkan obat yang dikatakan dapat menyembuhkan penyakit autoimun, namun penelitian terus dikembangkan untuk itu.

Ini Herbal Yang Boleh Dan Herbal Yang Terlarang Bagi Penderita Autoimun
Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa membahayakan tubuh seseorang karena dapat berimbas buruk terhadap sistem daya tahan tubuh. Sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh dapat diserang oleh sistem kekebalan tubuh yang padahal sebenarnya tugas dari sistem ini adalah memberikan perlindungan bagi tubuh kita dari segala bakteri dan virus yang memicu penyakit. Dengan kata lain, kekebalan tubuh memiliki kelainan di sini dan jenis-jenis penyakit autoimun ada sangat banyak yang bahkan tercatat bisa lebih dari 80 jenis.

Berikut ini Herbal yang direkomendasikan untuk terapi Autoimun ini

Daun Sirsak

Daun sirsak ini memiliki senyawa acetegonins yang mana senyawa ini dapat 10.000 kali lebih baik dalam membunuh sel-sel penyebab kanker tanpa dengan melakukan kemoterapy ,

Buah manggis

Buah Manggis kaya akan manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Manggis juga mengandung zat anti oksidan yang disebut Xanthone, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Kandungan Xanthone  yang tertinggi terdapat dalam kulit buah Manggis.  Ini membuat  kulit buah manggis memiliki khasiat  membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. Kandungan Xanthone dalam manggis memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis.

HERBAL YANG TIDAK BOLEH ATAU TIDAK DIREKOMENDASIKAN BAGI PENDERITA AUTOIMUN

Ini Herbal Yang Boleh Dan Herbal Yang Terlarang Bagi Penderita Autoimun

Beberapa herbal yang kontra indikasi dengan kondisi tersebut adalah :

1. Mengkudu atau Pace

Mengkudu atau buah noni berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Maka ini tidak cocok bagi pasien autoimun.

Seperti yang dikatakan oleh Ediati seorang peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Republika, 8 Nov 2012), “Buah mengkudu dan mangga mengandung bahan imunomodulator atau peningkat sistem kekebalan tubuh yang bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.”

Sudah tahukan kandungannya meningkatkan kekebalan tubuh, maka jangan coba-coba dikonsumsi ya buat pasien autoimun, kalau masyarakat umum ya boleh saja.

2. Pollen lebah, Propolis

Polen lebah (bee-polen) dan propolis dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tentu saja  ini tidak cocok buat pasien autoimun.

3. Kunyit (Curcuma domestica)

Kunyit yang merupakan tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara ini masuk dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Nama lain kunyit berbagai daerah adalah turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura). Kunyit mempunyai khasiat imuno stimulator sehingga tidak cocok bagi pasien autoimun.

4. Meniran (Phyllanthus niruri)

Meniran adalah tumbuhan liar dari golongan Famili Euphorbiceace dan banyak tumbuh di Indonesia. Khasiat meniran salah satunya dapat meningkatkan imun tubuh kita. Maka tentu saja ini tidak cocok buat pasien autoimun.

5. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Tanaman ini juga tidak cocok bagi pasien autoimun karena bersifat imuno stimulator.

6. Echinaceae purpurea

Beberapa produk suplemen yang berkhasiat menaikkan imuntubuh  mengandung bahan echinaceae. Bahan ini dapat meningkatkan imunitas dan tidak cocok buat pasien autoimun.
7. Siberian ginseng (Eleutherococcus), Ginseng – Radix

8. Green Chiretta

Green Chiretta adalah nama ilmiah dari negara India/Pakistan untuk tanaman sambiloto.

9. Colostrum, Lactoferrin

Kolostrum merupakan cairan yang keluar pada awal-awal masa menyusui sekitar 24-36 Jam pertama setelah melahirkan. Kolostrum memiliki banyak manfaat, salah satunya membawa zat imunitas (zat kekebalan) yang ditransfer dari ibu ke bayinya.Beberapa penelitian diketahui bahwa kolostrum dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Maka kolostrum tidak cocok buat pasien autoimun.

 

sumber :
http://www.eviandriani.**m/2013/02/herbal-yang-tidak-cocok-bagi-autoimun.html

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...