Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Akar ilalang

Khasiat Akar ilalang

Ilalang atau biasa disebut alang-alang, memiliki nama latin Imperata cylindrical termasuk dalam familyPanicoideae yang sering dijumpai di area pertanian dan juga merupakan tanaman pengganggu atau gulma. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, Speargrass. Rumput menahun tunas yang panjang dan bersisik, Batang pendek, menjulang di atas tanah dan berbunga,  Tinggi 0,2-1,5 m, di tempat lain mungkin lebih.

Daun berbentuk garis (pita panjang) lanset berujung runcing, dengan dasar sempit berbentuk panjang 12-80 cm, sangat kasar dan bergerigi bermata tajam. Karangan bunga di malai, 6-28 cm, dengan biji-bijian berambut panjang (putih) lk. 1 cm, dan akan berterbangan ketika matang.

Alang-alang merupakan tanaman yang terkadang sering dianggap sebagai hama. Tumbuhan ini seringkali juga dianggap sebagai tanaman tanpa guna. Tetapi walaupun di lahan pertanian tanaman ini menjadi gulma, ternyata banyak juga yang memanfaatkannya.

Bagi masyarakat, pada umumnya memanfaatkan akar ilalang sebagai obat penurun panas dan peluruh kencing (diuretika).

Alang-alang mengandung glukosa, citric acid, malic acid, dan juga terdapat senyawa kimia, diantaranya cylindrin, fermenol, coixol, simiarenol, arundion, dan anemonin.

Akar ilalang sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit, dan beberapa jenis penyakit salah satu diantaranya adalah:

  • Obat mimisan

Sebagai obat mimisan, Anda bisa menyiapkan segenggam akar alang-alang segar, cuci bersih, lalu tumbuk peras dan ambil airnya kurang lebih 100 cc dan Anda dapat langsung meminumnya.  

  • Penyakit ginjal akut

Untuk mengobatinya, Anda dapat membuat sejenis ramuan dengan mempersiapkan bahan berupa 100 – 125 gram akar ilalang yang masih segar. Bersihkan akar alang-alang, potong kecil-kecil dan cuci hingga bersih. Rebus potongan akar alang alang tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan biarkan dingin. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari dua kali setiap pagi dan sore, sampai penyakit ginjal akut sembuh.

  • Mengobati kencing nanah

Sebagai obat kencing nanah, Anda dapat mempersiapkan sekitar 300 gram akar alang-alang yang segar, kemudian silahkan dicuci sampai bersih dan potong kecil-kecil. Lalu rebus potongan akar tadi dengan 2 liter air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 liter. Setelah itu, campurkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata. Minumlah tiga kali sehari secara teratur selama kurang lebih 10 hari. 

  • Mengatasi Muntah darah

Akar alang alang juga dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengobati muntah darah. Ramuan bisa dibuat dengan cara, siapkan kurang lebih 50 gram akar segar, bersihkan akar dari kulit arinya, cuci bersih dan potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air dan biarakan rebusannya hingga airnya tinggal tersisa 1 gelas. Minum secara teratur dua kali dalam sehari, sampai penyakit muntah darah hilang.

     •  Sebagai Obat Diare

Alang-alang juga dapat di jadikan sebagai obat diare dengan cara;

– Gunakan 250 gram akar alang-alang      dicuci

– Kemudian rebus dengan 2 gelas air  selama 15 menit.

– Sekali minum 1 gelas, segera setelah  buang air besar.

 

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...