Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Daun Kapuk Randu Untuk Perawatan Tubuh dan Kesehatan

Khasiat Daun Kapuk Randu Untuk Perawatan Tubuh dan Kesehatan

Kapuk randu merupakan tanaman tropis yang konon berasal dari daratan sisi utara Amerika Selatan, Amerika tengah, serta Karibia.  Kapuk Randu banyak ditemukan dan ditanam di Asia termasuk di Indonesia, apalagi di pulau Jawa tanaman ini sangat banyak ditemui di sana hingga disebut juga Kapok Jawa. Umumnya petani Kapuk randu membudidayakannya untuk di ambil buahnya saja, yang dapat menghasilkan kapuk/ kapas, kemudian dipakai untuk membuat bantal serta kasur, serta untuk yang lain-lainnya.

Seperti tanaman lain, Tanaman Kapuk randu mempunyai manfaat serta khasiat yang penting untuk kesehatan dan penyembuhan. Tanaman Kapuk randu dapat diipakai untuk menyembuhkan serta mengobati beragam penyakit, seperti batuk, mencret (diare), t0nik rambut, sebagai antiseptik mulut (obat kumur), penghilang bekas luka, 0bat sakit mata.

Kandungan Kimia yang terdapat dalam Daun Kapuk Randu yang memiliki nama latin  ceiba pentandra memiliki kandungan sap0nin, tlaf0n0ida, dan tanin. Daun tanaman ini memiliki kandungan zat h!drat arang, zat penyamak, dan damar h!ngga terasa pah!t.

Khasiat dan Cara Penggunaan Daun Randu

Untuk 0bat Batuk

Ambil sebanyak  8 gr daun segar Kapuk randu, dicuci bersih. Haluskan dengan cara ditumbuk kemudian diseduh dengan setengah gelas air panas. Dinginkan dan saring dengan saringan plastik. . Hasil saringan diminum satu hari 2 kali  pagi dan sore.

Desinfektan Mulut (Obat Kumur)

Petik sekitar 2 – 1o gr daun randu yang masih segar, cuci sampai bersih dengan air mengalir. Siapkan sekitar satu gelas air didalam baskom. Masukkan daun randu  remas-remas hingga air menjadi berlendir. Saring air remasan itu dan pakai juga sebagai 0bat kumur.

0bat Penghilang Bekas Luka

Cuci bersih daun randu seperlunya dengan air mengalir. SEbelumnya bersihkan terlebih dulu bersihkan bekas luka dengan air hangat, serta g0s0kkan daun randu berkali-kali pada bekas luka. Cuci bekas luka tadi dengan sabun serta air bersih, lakukan rutin tiao hari hingga bekas luka memudar.

0bat Sakit Mata

Petik beberapa  helai daun kapuk randu yang sudah dicuci sampai bersih. Letakan daun randu kedalam baskom, tambahkan air secukupnya. Lumatkan daun kapuk randu itu hingga air beralih jadi berlendir. Air remasan lalu disaring serta gunakan untuk membersihkan mata, caranya dengan mencelupkan mata ke air sambil mata dikedip-kedipkan di dalam air. Langkah tersebut akan membantu menyingkirkan serta keluarkan kotoran dari dalam mata.

0bat Penyubur Rambut (Tonikum)

Petik kurang lebih 15 helai daun randu segar, lalu rebus dengan air hingga mendidih kira-kira selama 15 menit . jika sudah dingin pakai air rebusan itu sebelum berkeramas dengan shampoo. Lakukan dengan cara membasahi rambut dengan air rebusan itu, pijat-pijat kulit kepala serta diamkan selama setengah  jam, terakhir basuh dengan shamp00 seperti biasa. Untuk hasil yang optimal gunakan cara ini 2 kali seminggu.

Semoga bermanfaat!

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...