Home / Artikel Kesehatan / KUNYIT Terbukti Lebih Baik Daripada Obat Farmasi Untuk 8 Penyakit Paling Umum Ini

KUNYIT Terbukti Lebih Baik Daripada Obat Farmasi Untuk 8 Penyakit Paling Umum Ini

Luar biasa! Rempah kuning ini benar tak ada habisnya bila dibahas. Kunyit yang merupakan bumbu masakan sederhana ini benar-benar telah berhasil menduduki posisi penting dalam pemgobatan alami.

Sebagaian penelitian menunjukkan, kunyit lebih bermanfaat dari 10 obat dengan aktifitas ini:

Anti-koagulan (Aspirin)
Analgesik/ pembunuh rasa sakit
Obat diabetes (metformin)
Obat anti-inflamasi
Obat Kolesterol (Lipitor)
Steroid
Anti-depresan (Prozac)
Kemoterapi
Obat arthritis
Obat penyakit inflamasi usus

Bagaimana bisa kunyit disebut dapat mengobati lebih baik dari obat-obatan tersebut di atas? Baca ulasan berikut!

Obat Anti-inflamasi

Kunyit memiliki kemampuan untuk mengendalikan peradangan. Jurnal Onkogen menerbitkan sebuah studi yang mengevaluasi senyawa anti-inflamasi kunyit dan menemukan itu adalah curcumin, senyawa anti-inflamasi yang paling efektif dan lebih efektif daripada ibuprofen dan aspirin.

Karena peradangan adalah alasan utama dari semua penyakit, Anda harus  tahu bahwa kunyit adalah solusi yang tepat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh Anda. Misalnya, jika tidak diobati pada waktunya, peradangan dapat menyebabkan: arthritis, kolesterol tinggi, nyeri kronis, seperti kanker, dan kolitis ulserativa.

Menangani Arthritis

Beberapa peneliti melakukan penelitian pada 45 orang yang menderita rheumatoid arthritis dan mereka membandingkan manfaat kurkumin untuk obat arthritis seperti natrium yang bertanggung jawab untuk risiko penyakit jantung atau usus bocor.

Masing-masing orang dibagi menjadi 3 kelompok. Yang pertama menerima kurkumin saja, kelompok kedua menerima natrium diklofenak  saja dan pasien dari kelompok ketiga diberi baik kurkumin dan natrium diklofenak.

Ketika hasilnya keluar, mereka menunjukkan bahwa kelompok kurkumin memiliki persentase tertinggi dalam peningkatan skor keseluruhan dan skor ini secara signifikan lebih baik daripada pasien dalam kelompok natrium diklofenak.

Selain lebih efektif dibandingkan natrium diklofenak, kurkumin juga lebih aman karena tidak memiliki efek samping. Penelitian ini diterbitkan pada tahun 2012 oleh Phytotherapy Research dan mendorong peneliti lain untuk mengevaluasi efek tanaman yang kaya kurkumin pada orang yang menderita berbagai jenis arthritis.

Antikoagulan / Antiplatelets

Orang dengan trombosis vena dan emboli paru harus menjauhi  obat-obatan antikoagulan ini karena mereka menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan perdarahan bersama dengan banyak efek samping lain seperti sakit kepala, kesulitan bernapas dan sakit punggung.

Solusi paling aman adalah kunyit karena tidak memiliki efek samping jika tidak dikonsumsi dalam jumlah besar.

Anti-depressants

Sejumlah penelitian yang berbeda yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kunyit sangat bermanfaat ketika datang untuk mengobati depresi.

Sebuah studi yang dilakukan pada 60 relawan yang didiagnosis dengan gangguan depresi mayor (MDD) menemukan bahwa pasien mentoleransi kurkumin juga. Para pasien dibagi dalam dua kelompok di mana satu kelompok diberi Prozac, sedangkan kelompok yang lain diberi Prozac dan kurkumin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurkumin sama efektifnya dengan Prozac untuk mengelola depresi.

Para penulis menjelaskan, “Studi ini memberikan bukti klinis pertama bahwa kurkumin dapat digunakan sebagai terapi yang efektif dan aman untuk pengobatan pada pasien dengan depresi ringan.”

Pengobatan kanker

Salah satu penyakit yang paling banyak diteliti secara menyeluruh adalah kanker. Menurut pihak berwenang global Cancer Research UK, ditemukan bahwa kurkumin memiliki efek antikanker dan membunuh sel kanker dan mencegah mereka dari tumbuh kembali. Ini memiliki efek terbaik untuk kanker payudara, kanker usus, kanker perut dan sel-sel kanker kulit.

Menurut studi di tahun 2007, kombinasi kemoterapi dan curcumin membunuh sel-sel kanker pada penderita kankerm dan ini  lebih banyak daripada pada pasien yang memakai kemoterapi saja.

Di AS, American Cancer Society menyatakan:

“Studi laboratorium juga menunjukkan bahwa curcumin mengganggu perkembangan kanker, pertumbuhan, dan peyebarannya. Para peneliti telah melaporkan bahwa curcumin memblokir pembentukan enzim penyebab kanker pada hewan pengerat.

Baru-baru ini, curcumin telah menerima banyak fokus karena kemampuannya untuk mengurangi ukuran tumor dan membunuh sel-sel kanker. ”

Seperti yang dapat Anda ketahui sendiri, kunyit adalah solusi terbaik ketika datang ke kanker dan karya besar dalam pengobatan kulit, usus besar dan kanker payudara.

Mengendalikan Kolesterol

Alasan mengapa penyakit jantung adalah masalah besar Di AS, karena orang cenderung untuk mengembangkan pra-diabetes atau gula darah yang berlebihan pada tingkat yang lebih tinggi.

Kedua non-penderita diabetes dan penderita diabetes menderita stres oksidatif, yang merupakan kondisi rusaknya bagian dalam pembuluh darah. Misalnya, ketika arteri rusak, maka kolesterol akan menumpuk untuk menambal daerah yang rusak, sehingga mengakibatkan kadar kolesterol LDL tinggi.

Meskipun Lipitor mampu mengurangi kolesterol, namun ia tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi penyebab sebenarnya yaitu stres oksidatif yang disebabkan oleh gula darah tinggi dan peradangan. Obat itu dapat membahayakan ginjal dan hati dan dapat menyebabkan sejumlah besar efek samping yang mematikan. Ini adalah alasan mengapa dokter cenderung meresepkan alternatif alami seperti minyak ikan dan kurkumin.

Kurkumin sama atau bahkan lebih efektif dibandingkan obat diabetes sebagai terapi untuk mengurangi stres oksidatif dan inflamasi dalam mengobati kolesterol tinggi,

Menangani diabetes

Orang yang berurusan dengan gula darah tinggi pasti harus menambahkan kunyit dalam diet harian mereka karena akan membalikkan resistensi insulin.

Biochemistry and Biophysical Research Communications menerbitkan sebuah studi pada tahun 2009 yang dilakukan di Universitas Auburn dan mengevaluasi kemampuan kunyit untuk membalikkan diabetes.

Matformin adalah obat yang paling umum diresepkan untuk penderita diabetes, dan menurut studi ini, kunyit 400 kali lebih kuat dalam mengaktifkan AMPK, yang meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu dalam membalikkan diabetes tipe 2.

Seperti Anda semua tahu, diabetes menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius seperti pembuluh darah yang rusak dan kebutaan, tetapi kabar baiknya adalah bahwa curcumin dapat menunda komplikasi ini, karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Menobati gangguan gastrointestinal

Orang-orang yang berurusan dengan masalah pencernaan dan perut cenderung menjadi tidak toleran terhadap obat-obatan konvensional. Akibatnya, obat lebih berbahaya karena justri  dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada lapisan mukosa.

Menurut banyak penelitian difokuskan pada efektivitas kurkumin pada penyakit radang usus seperti IBS, penyakit Chron dan Ulcerative Colitis, konsumsi kurkumin memiliki kemampuan untuk secara signifikan meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat. Ini adalah alasan mengapa mereka harus berhenti minum kortikosteroid karena mereka hanya merusak lapisan usus dan memperburuk kondisinya. Di sisi lain, kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan tidak memiliki efek samping, menyembuhkan usus dan mendukung pertumbuhan probiotik atau bakteri baik.

Bagaimana jika Anda harus mengosumsi obat?

Jika Anda masih harus mengambil obat-obatan farmasi, Anda harus mengkonsumsi sejumlah besar kunyit organik setiap hari untuk mengurangi efek samping dari obat-obatan.

Cara termudah untuk memasukkan rempah-rempah ini dalam diet Anda adalah dengan membuat teh kunyit. Anda tidak perlu ragu mengkonsumsi curcumin setiap hari karena ada bukti-bukti yang disampaikan oleh orang-orang yang mengambil kurkumin dan mereka melihat aktivitas anti-rematik yang besar dan ditandai penurunan toksisitas steroid.

sumber: http://www.fhfn.org/turmeric-proven-superior-8-medications-reversing-disease

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...