Home / Apotik Hidup / Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili tanaman compositae. Memiliki Daun berwarna hijau agak keunguan, pinggiran daun bergelombang tak berpola juga memiliki gerigi. Daun tempuyung diyakini berkhasiat untuk meredakan demam, meluruhkan kencing (diuretik), mengobati hipertensi dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi, serta menghancurkan batu ginjal. Daun tempuyung memiliki rasa yang pahit dan bersifat mendinginkan. Semua bagian tanaman TEmpuung dapat digunakan sebagai obat .

Senyawa-senyawa berkhasiat yang dimiliki Tempuyung dapat disebutkan antara lain ialah saponin, flavonoid, polifenol, beta-lactucerol, alfa-lactucerol, inositol, manitol, kalium, taraksasterol, dan silika.

Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta telah melakukan penelitian berkaitan dengan manfaat daun tempuyung sebagai obat batu ginjal. Profesor merendam beberapa batu ginjal  dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu 30-35 derajat celcius.

Dapat dilihat dalam percobaan ini, sebagian rendaman batu ginjal yang digoyangkan mirip dengan  gerakan dalam tubuh, sedangkan sebagian lagi didiamkan. Setelah itu dilakukan penimbangan terhadap batu ginjal tadi, didapatkan hasil kandungan kalsium dalam batu ginjal tadi setelah diukur secara kimiawi berkurang bobotnya. tentu ini adalah temuan yangcukup memuaskan!

Beliau juga melakukan penelitian terhadap kemampuan daun tempuyung dalam meluruhkan batu ginjal dengan menggunakan sinar rontgen dan juga melakukan pemeriksaan terhadap kristal dalam air kencing atau urin. Di luar dugaan, ternyata hasil penelitian juga memberikan hasil sngat memuaskan, daun tempuyung ternyata mampu menghancurkan batu ginjal yang bersarabg di dalam tubuh. Dan dari hasil penelitian lain didapati bahwa kandungan kalium dalam daun tempuyung yang berperan penting dalam peluruhan batu ginjal.

Ini mungkin karena kandungan Kalium pada daun Tempuyung yang tinggi. Diketahui Kalium dapat berfungsi menguraikan kalsium karbonat dengan cara menggabungkan diri bersama senyawa karbonat, oksalat, atau kristal urat yang adalah komponen batu ginjal. Hal inilah yang menyebabkan sedimen batu ginjal akhirnya dapat pecah dan mudah larut bersama air seni.

Tempuyung memiliki kemampuan melarutkan kristal asam urat dalam kasus batu ginjal. Sehingga dapat membantu penderita asam urat.

Daun tempuyung memiliki khasiat diuretik yaitu peluruh kemih yang dapat mendorong pengeluaran asam urat melalui urin. Daun tempuyung juga memiliki flavonoid yang diketahui ampuh menghambat kinerja enzim dan reaksi yang memicu pembentukan asam urat.

Namun perlu diingat, manfaat herbal hanya bisa didapat dengan melakukan pengobatan rutin dengan Tempuyung, dan memperbaiki gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang minum air dan makan makanan yang kurang sehat. Sungguhpun memerlukan waktu, pengobatan tradisional jauh relatif lebih aman dibanding pengobatan dengan obat-obatan kimiawi.

 

Check Also

7 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah TIN

Buah Tin adalah salah satu buah yang dijadikan nama sebuah surat dalam Al Quran yang ...

...