Home / Resep Ramuan Herbal / Manfaat Madu , Dari Mulai Hamil ,Melahirkan Dan Menyusui

Manfaat Madu , Dari Mulai Hamil ,Melahirkan Dan Menyusui

Manfaat madu sudah banyak kita ketahui bersama. Sejak dulu nutrisi dalam madu yang ajaib digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan. Madu juga dikenal sebagai Herbal Tertua yang dipakai sebagai pengobatan alami . Bahkan manfaat madu ini tercatat dalam 4 kitab suci, yaitu Al-Quran yang merupakan kitab suci umat Islam, Injil sebagai kitab suci umat Nasrani, Wedha yang merupakan pegangan umat Hindu dan Tripitaka yang menjadi kitab suci umat Budha.

Mari kita membahas Manfaat madu bagi kaum wanita terutama untuk Ibu -ibu yang sedang Merencanakan punya anak dan Saat hamil setelah pasca melahirkan.

Madu memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, sama halnya manfaat madu Ibu menyusui. Dari zaman dulu, madu sudah dimanfaatkan baik bagi Ibu hamil maupun Ibu menyusui. Bahkan, di Negeri China sendiri madu dimanfaatkan untuk mempermudah kelahiran sang bayi. Para ahli di negeri China sendiri menyatakan bahwa madu dapat mempermudah pembukaan pada jalan lahir bayi. Hal ini karena madu memiliki kandungan prostaglandin yang bisa mempercepat jalannya kontraksi rahim dan memudahkan melebarnya leher rahim. Tak hanya bagi kehamilan dan kelahiran, tetapi juga madu bermanfaat bagi Ibu menyusui.
bolehkah ibu hamil mengkonsumsi madu? sudah sejak lama madu banyak dimanfaatkan oleh manusia karena di dalamnya mengandung nutrisi penting diantaranya adalah vitamin, thiamin, asam amino, glukosa, fruktosa, riboflavin, fruktosa, asam pantotenat, niasin dan kandungan mineral seperti kalium, magnesium, natrium, phospor, kalsium, mangan, sulfut, dan zat besi.

manfaat madu untuk wanita hamil muda

tetapi ada yang perlu anda tahu yakni madu juga mengandung spora yang memiliki nama botulisme yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia tetapi anda tidak perlu khawatir karena hal ini masih aman jika dikonsumsi oleh orang dewasa ataupun ibu hamil karena lambung pada orang dewasa memiliki memproduksi zat asam yang cukup kuat untuk membunuh spora tersebut. Jadi tak perlu khawatir akan hal itu.
Dari beberapa uraian dan kajian ilmiah dapatlah disimpulkan
berbagai macam manfaat lainya untuk ibu hamil dibawah ini
vitamin C yang terkandung didalam madu yang begitu tinggi dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh sewaktu hamil

jika anda sering mengkonsumsi madu dapat menurunkan resiko terjangkitnya penyakit hepatitis B pada bayi

nafsu makan ibu hamil yang terkadang sering terganggu ketika hamil dapat diatasi dengan sering mengkonsumsi madu
secara alami madu mengandung antibiotik sehingga cukup ampuh dalam mencegah berbagai macam penyakit dan membunuh kuman dan bakteri serta calon bibit-bibit penyakit lainya yang bersarang di dalam tubuh.
keluhan yang kerap kali dialami oleh ibu hamil adalah susah BAB namun anda tidak perlu khawatir sebeb madu cukup ampuh mengatasi hal ini
kandungan multivitamin dan mineral penting didalam madu dapat meningkatkan stamina anda yang tentu saja cukup kelelahan membawa janin anda yang setiap hari makin berat.

khusus ibu yang telah melahirkan dapat mengkonsumsi ramuan madu yang dicampur dengan telur gunanya untuk membersihkan darah setelah melahirkan.

manfaat madu bagi ibu menyusui
Setelah melahirkan, Ibu mengalami masa-masa nifas. Nah, di masa-masa nifas inilah Ibu membutuhkan gizi yang penting untuk menguatkan daya tahan tubuh. Sementara itu, madu memiliki kandungan gizi yang tinggi yang wajib dikonsumsi oleh Ibu selama menjalani masa nifas. Sehingga madu dapat membantu memulihkan Ibu setelah melahirkan dan mencegah demam saat nifas..

Sedangkan, manfaat madu Ibu menyusui bagi ASI sendiri yaitu dapat memperbanyak jumlah ASI pada Ibu menyusui. Tak hanya itu saja, manfaat madu bagi Ibu menyusui juga dapat memberikan zat anti kuman pada kandungan ASI. Sehingga dapat menambah ketahanan pada bayi terhadap berbagai macam penyakit.

Demi mendapatkan manfaat madu Ibu menyusui ini, maka Ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi madu sebanyak 6 sendok makan madu setiap harinya. Hal ini juga dipertegas dengan beberapa hasil riset di Jepang yang membuktikan bahwa mengkonsumsi madu murni pada Ibu menyusui dapat memperbanyak jumlah antibodi di dalam ASI. Jadi, bagi Anda Ibu menyusui, sebaiknya mengkonsumsi madu setiap hari demi kebutuhan gizi sang bayi dan juga ketahanan tubuh bayi terhadap berbagai penyakit.

Selain itu, madu sangat baik sekali untuk melembutkan lidah dan tenggorokan pada bayi. Madu juga bermanfaat untuk mencegah munculnya jamur dan bermanfaat bagi lambung dan juga aliran darah. Sementara itu, untuk mengobati peradangan pada bayi yang diakibatkan oleh jamur Anda bisa mengoleskan madu yang sudah dicampur dengan air pada bagian mulut bayi Anda.

diolah dari berbagai sumber internet

Check Also

5 Ramuan Alami Atasi Luka Terbuka, Luka Memar dan Luka Bakar

Luka memang hal yang sudah akrab dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan tidak ada ...

...