Home / Artikel Kesehatan / Manfaat Tanaman Bandotan bagi kesehatan

Manfaat Tanaman Bandotan bagi kesehatan

Bandotan atau yang dalam bahasa latinnya memiliki nama Ageratum conyzoides L pada awalnya merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar kebun.

1000 Khasiat dan Manfaat Tanaman Bandotan Bagi Kesehatan

Oct 12 2014 – 9:26am admin indonews3

|

IndoNews.co.idKhasiat dan Manfaat Tanaman Bandotan Bagi Kesehatan. Bandotan atau yang dalam bahasa latinnya memiliki nama Ageratum conyzoides L pada awalnya merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar kebun. Namun setelah diteliti akan kandungan senyawa yang berada ditanaman ini, kini banyak orang beralig menggunakan tanaman bandotan ini sebagai obat tradisional dan alternatif. Padahal hal ini telah dilakukan oleh orang tua jaman dahulu yang juga turut menggunakan tanaman ini sebagai tanaman obat tradsional bagi mereka.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tanaman bandotan ternyata terbukti memiliki kandungan senyawa seperti asam amino, oraganacid, pectic substance, minya asiri kumarin, ageratochromene, friedelin, ß-sitosterol, stigmasterol, tannin, sulfur, dan potassium chloride. Akar bandotan mengandung minyak atsiri, alkaloid, dan kumarin.

Daun bandotan dapat digunakan sebagai insektisida nabati. Selain Ageratum conyzoide.s L., terdapat bandotan varietas lain yang mempunyai khasiat yang sama, yaitu Ageratum haoustonianum Mill. Ekstrak daun bandotan (5% dan 10%) dapat memperpanjang siklus birahi dan memperlambat perkembangan folikel mencit betina (virgin dan non virgin).

Dari banyaknya kandungan kimiawi yang bermanfaat bagi kesehatan tersebut, tanaman bandotan bisa digunakan sebagai obat-obatan tradisional berkhasiat.

Bandotan juga berkhasiat sebagai stimulan, tonik, pereda demam (antipiretik), antitoksik, menghilangkan pembengkakan, menghentikan perdarahan (hemostatis), peluruh haid (emenagog), peluruh kencing (diuretik), dan pelumuh kentut (kaiminatit).

MANFAAT BANDOTAN BAGI KESEHATAN TUBUH.

• Mengobati Luka

Dengan meremas daun kenudian dicampur dengan kapur, oleskan pada lukanatau lecet pada kulit.

• Membantu menyembuhkan Demam.

Dengan menumbuk akar kemudian oleskan pada badan.

• Menyembuhkan Patah Tulang

Dengan cara menghaluskan seluruh pohon, kemudian baluran pada bagian tubuh yang patah. Hal ini akan mempercepat penyembuhan.

• Sebagai obat oles untuk sakit perut.

Untuk Mengobati Perut kembung, Muntah dan Mual
Cara Menggunakannya:

  • Ambil satu pohon bandotan ukuran sedang dicuci sampai bersih, lalu potong-potong.
  • Rebus dengan air sebanyak tiga gelas, tunggu sampai tersisa satu gelas, lalu angkat dan dinginkan.
  • Saring lalu minum air rebusan tersebut 2-3 kali sehari.

Belum diketahui adanya laporan efek samping penggunaan tanaman bandotan sebagai obat herbal. Tetapi pemakaian yang berlebihan dapat berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Bijaksanalah dalam memakai ramuan herbal karena meskipun obat herbal alami tetapi pemakaian yang berlebihan akan membahayakan kesehatan anda.

Demikian manfaat tanaman bandotan bagi kesehatan. Silakan bagikan dan sebarkan artikel manfaat tanaman obat bandotan ini jika bermanfaat. Terima kasih.

 

 

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...