Home / Artikel Kesehatan / Mengobati Typus Dan Mencegahnya Kambuh Dengan Herbal Alami

Mengobati Typus Dan Mencegahnya Kambuh Dengan Herbal Alami

Penanganan untuk penderita penyakit tipes jika masih pada tahap awal bisa dilakukan di rumah saja. Tapi jika pasien sudah mengalami gejala yang parah maka perawatan di rumah sakit sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara mengobati tipes :

Cacing Tanah

Tak perlu merasa jijik dengan cacing tanah, karena penderita typus tak perlu memakannya begitu saja. Saat ini telah diproduksi ekstrak cacing tanah dalam kapsul sehingga sangat membantu penderita typus. Meskipun terlihat sepele, sebenarnya cacing tanah banyak manfaatnya untuk kesehatan, selain untuk mengobati tipes juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam, cacar, gangguan kemih, dan lain sebagainya.

Cengkeh

Cengkeh dimanfaatkan sebagai obat typus dengan cara direbus. Ambil 8 butir cengkeh, lalu rebus dalam 8 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan biarkan hingga air tersisa setengahnya. Diminum sedikit demi sedikit dalam rentang satu hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari hingga kondisi membaik.

Bawang Putih

Kemampuan bawang putih untuk mengatasi infeksi bakteri sudah tak diraguka lagi. Banyak penelitian yang telah mengungkapnya. Khasiat ini sangat berguna untuk melawan Salmonella Typhi, bakteri penyebab sakit tipes. Bawang putih juga dikenal dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga juga dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit ini. Untuk mengobati tipes, makan kira-kira 2 siung bawang putih setelah m@kan, lakukan sekitar 3 kali sehari selama beberapa sehari secara teratur.

Daun Kemangi

Daun kemangi yang merupakan Daun yang baunya harum dan sering dikonsumsi sebagai lalapan ini mengandung zat antibiotik dan antibakteri secara alamiah. Cara menggunakannya adalah dengan merebus 20 lembar daun kemangi dan 1 sendok teh  parutan jahe ke dalam 1 gelas air. Rebus hingga mendidih, biarkan hingga airnya tersisa setengah. Setelah suam-suam kuku tambahkan sedikit madu, jangan ditambahkan saat panas karena akan merusak nutrisi madu. Campuran ini untuk diminum 2 hingga 3 kali sehari, lakukan berulang selama beberapa hari.

Kombinasi Sambiloto, Temulawak  dan Jinten Hitam

Ramuan ini sangat efektif dalam melawan infeksi Typus. Petik kira-kira 10 lembar daun sambiloto, Temulawak 15 gram dan juga jinten hitam 15 gram. Cuci bersih daun sambiloto , lalu potong kecil-kecil dan rebus bersama temulawak dan jinten hitam sampai airnya mendidih, lalu matikan api. Minum sebanyak 2 kali sehari sampai gejalanya mereda dan kondisi mulai membaik.

Daun Keji Beling

Daun keji beling segar  sebanyak 20 lembar direbus dalam 2 liter air. sampai mendidih, biarkan selama 15 menit, lalu Angkat dan dinginkan. Minum ramuan ini 2 kali sehari. Lakukan secara rutin.

Selamat mencoba! Semoga Lekas Sembuh!

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...