Home / Resep Ramuan Herbal / Meramu Temu Hitam ( Temu Ireng) Untuk Mengobati Wasir, Cacingan dan Menbersihkan Darah

Meramu Temu Hitam ( Temu Ireng) Untuk Mengobati Wasir, Cacingan dan Menbersihkan Darah

Temu hitam merupakan spesis kunyit yang hidup liar dan biasanya ditemui di Myammar, Indonesia dan Malaysia. Rimpangnya  yang tua berwarna ungu atau biru tua, sementara yang muda berwarna biru kehitaman. Tanaman obat ini memiliki rasa pahit dan pedas. Tanaman berumpun ini dapat mencapai ketinggian 1.5 meter. Daunnya berwarna hijau tua dan tulang daunnya berwarna merah keunguan. Temu Hitam digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional.

Rimpang Temu Hitam  berkhasiat sebagai peluruh kentut (karminatif), meluruhkan dahak (ekspektoransia), meningkatkan nafsu makan (stomakik), anthelmintik, serta dapat membantu dalam pembersihan darah setelah melahirkan atau setelah haid.

1. Temu Hitam Untuk Mengobati Cacing

Temu Hitam sudah lama digunakan nenek-nenek kita dahulu untuk mengobati sakit cacingan. Ternyata dari hasil penelitian menunjukkan dengan pemberian air perasan dan rebusan rimpang temu hitam bisa membunuh cacing Ascaridia galli.

Yang perlu diperhatikan dalam mengolah temu hitam sebagai obat cacing adalah akan lebih baik jika menggunakan perasan langsung dari rimpang temu hitam  ini dengan air matang  dibandingkan dengan membuat ramuan dengan cara merebusnya. Ini disebabkna  jika dilakukan pemanasan terlalu lama bisa merusak zat aktif yang melawan cacing.

2. Temu Hitam Untuk Menaikkan Nafsu Makan

Seringkali  Anak-anak kehilangan nafsu makannya.  Anda bisa memanfaatkan khasat temu hitam untuk menaikkan nafsu makan pada Anak. Dalam beberapa penelitian diketahui pengaruh pemberian rebusan rimpang temu hitam terhadap tikus putih menunjukkan peningkatan pada  makanan yang dikonsumsi oleh tikus tersebut dan juga tikus tersebut mengalami peningkatan berat badan.

Cobalah membuat minuman dari hasil rebusan temu ireng 1-2 kali sehari 1/2 – 1 gelas untuk meningkatkan nafsu makan anak-anak.

3. Temu Hitam Untuk Mengobati Wasir atau Ambien

Cuci bersih Rimpang temu hitam sebanyak 15 gr
air panas sekitar 1 cangkir
Madu organik 2 sendok makan
Kuning telur ayam kampung

Kupas dan parut rimpang temu hitam. Setelah itu seduh dengan 1 cangkir air panas. KEmudian biarkan sampai dingin, lalu disaring. Masukan kuning telur dan madu ke dalam seduhan temu hitam tadi.  Minum ramuan  ini di pagi hari, setelah bangn tidur. Minum ramuan ini sekaligus sampai habis.

4. Temu Hitam Untuk Mengobati Gonorrhoea

Bahan :

Cuci bersih Rimpang temu hitam  sebanyak 10 gr
Daun pegagan segar 30 gr, cuci bersih.
Umbi gadung 5 gr, cuci bersih.
Air sebanyak 3 gelas air mendidih

Cara membuat :

Tiga bahan diatas, lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian diseduh dengan ai panas dan dinginkan kemudian disaring. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam 1 hari sebanyak 1 gelas.

5. Temu Hitam Untuk Membersihkan Darah Setelah Melahirkan

Bahan yang harus dipersiapkan :

Rimpang temu hitam 2 jari

Air panas 1/2 cangkir

Cara membuatnya : Bersihkan Rimpang temu hitam dengan air. Lalu kupas dan diparut. Kemudian di seduh, dinginkan dan disaring. Minum ramuan ini 3 hari setelah melahirkan secara berturut-turut.

6. Temu Hitam Untuk Mengatasi Pembengkakan dan Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Bahan :

Rimpang temu hitam 20 gr
Daun Takokak secukupnya
Air 3 gelas

Cara Membuat : Semua bahan di cuci bersih, lalu temu hitam dikupas dan diparut, tambahkan daun takokak ke dalam parutan. Kemudian direbus hingga air tersisa 1 1/2 gelas lalu angkat dan disaring. Minumlah ketika masih hangat dan diminum sekali habis.

 

Check Also

Resep Vitalitas Pria Dengan Madu Dari Buku Kedokteran Nabi

Memunculkan Gairah seksual. Madu mengandung sejumlah zat yang mapu menambah stasmina seksual seperti: asam aspartik,sejumlahhormon,dan ...

...