Home / Apotik Hidup / OKRA Obati Hiperkolesterol, Diabetes, Asam Urat Dan Mencegah Kanker

OKRA Obati Hiperkolesterol, Diabetes, Asam Urat Dan Mencegah Kanker

Tidak seperti Kacang panjang dan Buncis, Okra merupakan jenis sayuran yang belum terlalu dikenal di Indonesia.  Namun di negara-negara yang berada di kawasan Asia Tengah maupun Asia Selatan,  Okra sudah begitu popular dan bahkan sudah banyak digemari masyarakat di sana. Sebenarnya Okta termasuk jenis tanaman yang mudah budidayanya.
Okra mempunyai nama ilmiah Abelmoschus Esculentus,  Okra masuk dalam genus Hibiscus dari famili Malvaceae ( kapas-kapasan). Tanaman ini juga luas dikenal sebagai “Lady’s Finger” karena bentuknya yang panjang dan meruncing di bagian ujungnya, menyerupai jari-jari lentik seorang wanita cantik atau lady.

Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Okra

Okra kaya akan kandungan protein dan serat.  Ternyata Okra juga mengandung minyak sebesar  40% pada bijinya. Minyak biji okra mengandung asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat yang berlimpah. Dalam 100 gram okra mengandung protein sebesar   3,9% dan lemak 2,05%, energi 40 kkal. Sedankan kandungan Mineral dalam okra adalah kalium ( 6,68%) dan fosfor ( 0,77%).

Okra kaya akan serat dan juga mengandung glutation. Serat yang dikandung Okra ini sangat penting bagi tubuh untuk mencegah konstipasi / sembelit,  obesitas, hiperkolesterolemia, diabetes / kencing manis, dan kanker kolon / kanker usus besar.

Okra Berkhasiat Untuk Mencegah Kanker

Klorofil yang terdapat dalam Okra  memiliki sejuta manfaat karena bersifat antiradang, antimutagenik, antikanker, dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon.

Sebagai antioksidan, klorofil iyang menjadi kandungan utama Okra dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah atau disebut juga  aterosklerosis dapat dicegah. Klorofil juga dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Cara Menggunakan Okra Untuk Penderita Gula Darah dan Kolesterol

1. Ambil 3 – 4 buah okra, lalu iris tipis-tipis, direndam dalam 2 gelas air. Selanjutnya masukkan ke dalam kulkas sekitar 3 (tiga) jam.

2. Setelah 3 jam Anda akan melihat hasil dari air rendaman  Okra menjadi berlendir.

3. Segera minum air nya saja. Sebaiknya diminum setelah makan.

4. Jika airnya sudah habis diminum, tambahkan sekitar  2 gelas air lagi.

5. Air rendaman Okra untuk kedua kalinya  ini akan menghasikan lendir yang lebih  kental.

6. Air rendaman Okra bila diminum memberikan sensasi sejuk dan dingin rasanya.

7. Irisan okra ini dapat direndam sampai hingga 3 kali.

Bagi mereka yang menderita penyakit Asam urat dan kolesterol,  Sesudah mengonsumsi air rendaman Okra selama 12 -14 hari, lakukan cek darah di laboratorium terdekat. Bila menunjukkan hasil yang baik, mungkin penderita penyakit tersebut bisa menghentikan penggunaan obat dokter dan menggunakan okra sebagai pengganti obat.

Bagi pria yang menderita  sakit diabetes dan mengalamai impotensi, dengan minum air rendaman Okra  rutin hingga  sampai 1 bulan, dapat merasakan hasilnya. Bagi mereka yang memiliki masalah tulang seperti sakit lutut dan terkena  Osteoarthritis, dengan rutin meminum air rendaman okra maka sakitnya dapat jauh berkurang.

 

Diolah dari berbagai sumber.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...