Home / Resep Ramuan Herbal / Saat Tubuh Mulai Sakit, Segera Makan Bawang Putih Dan Madu

Saat Tubuh Mulai Sakit, Segera Makan Bawang Putih Dan Madu

Kekuatan bawang putih dimulai dari rasa dan aromanya. Rasa Bawang putih dapat memicu dan mengaktifkan kelenjar ludah dan pencernaan. Bawang putih merupakan sumber yang kaya senyawa organosulfur, yang tidak hanya bertanggung jawab atas rasa dan aromanya yang  tajam, tetapi juga atas banyaknya potensi manfaat kesehatan dari Bawang Putih.

Potensi senyawa organosulfur yang berasal dari bawang putih dapat digunakan untuk mencegah dan memerangi penyakit kronis,  seperti kanker, inflamasi, dan penyakit kardiovaskular. Ada dua kelas senyawa organosulfur yang ditemukan di dalam  bawang putih, γ-glutamylcysteines, dan cysteine sulfoxides, namun Anda tak perlu untuk menghafal nama-nama ini.

Apa yang Anda benar-benar perlu pahami tentang bawang putih adalah bagaimana senyawa yang dikandungnya dimanfaatkan dan  diaktifkan. Ketika seluruh siung bawang putih mentah dihancurkan dengan cara dicincang  atau hanya dimemarkan, enzim yang dikenal sebagai alliinase dilepaskan. Ketika alliinase dilepaskan atau “rusak” karena bawang putih dihancurkan atau dicincang, bawang putih mulai mengubah senyawa alliin menjadi ‘asam sulfenic’.

Yang cukup menarik, reaksi yang sama terjadi juga di bawang merah! Ketika Anda memotong bawang Anda melanggar sel terbuka dan menciptakan asam sulfenic, yang dalam kasus bawang merah dapat menghasilkan gas yang bereaksi dengan air di mata Anda, sehingga membuat mata Anda air!

Ketika asam sulfenic bereaksi satu sama lain dalam bawang putih, mereka membentuk allicin dan itu adalah ketika bau menyengat mengisi dapur Anda dan manfaat menjadi tersedia!

Jadi singkatnya, ketika bawang putih segar dicincang atau dihancurkan, enzim alliinase mengkonversi alliin menjadi allicin, yang bertanggung jawab untuk aroma bawang putih segar dan manfaat yang terkait dengan mengkonsumsi itu.
Sifat yang menguntungkan dari Bawang Putih

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Sirkulasi

Bawang putih telah terbukti untuk melindungi pembuluh darah dari pembekuan darah, penumpukan plak, tingkat lipid darah tinggi dan bisa mengurangi tekanan darah.

2. Mengurangi Peradangan

Bawang putih dapat mengurangi risiko osteoarthritis dan kondisi lain yang terkait dengan peradangan

3. Meningkatkan Fungsi kekebalan tubuh

Bawang putih memiliki efek antibakteri, anti-jamur, antivirus, dan anti-parasit

4. Melawan Kanker

Bermanfaat bagi otak, paru-paru, payudara, lambung, dan kanker pankreas.

Para Ilmuwan masih mengungkap jawaban di balik bagaimana sebenarnya senyawa ini bermanfaat dalam bawang putih diserap dalam tubuh, sementara itu telah dipelajari bahwa allicin diserap dalam usus, karena 90%  allicin yang dikonsumsi tidak pernah terdeteksi dalam darah, urin atau tinja bahkan setelah konsumsi 25 g bawang putih segar atau 60 mg allicin murni!

Temuan ini menunjukkan bahwa allicin cepat dimetabolisme dan telah ditemukan bahwa bau bawang putih pada mulut setelah mengonsumsinya  adalah indikator bioavailabilitas allicin! Jadi bau bawang putih pada napas Anda adalah hasil dari metabolisme allicin.
Cara Makan Bawang putih yang tepat.

Sama seperti minyak zaitun, bawang putih sebaiknya tidak dipanaskan,seperti banyak makanan kaya antioksidan lainnya, bawang putih  tidak boleh dimasak seperti ini secara drastis mengurangi sifat menguntungkannya!

Jika Anda ingin meningkatkan manfaat dari bawang putih maka sebaiknya konsumsilah bawang putih bersama madu.

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...