Home / Artikel Kesehatan / Sering Terbangun Dari Tidur Di Jam Yang Sama Tiap Malam? Ini Penjelasannya Menurut Pengobatan Tradisional China

Sering Terbangun Dari Tidur Di Jam Yang Sama Tiap Malam? Ini Penjelasannya Menurut Pengobatan Tradisional China

Apakah Anda Sering terbangun di jam yang sama Setiap Malam? Berikut ini alasannya Menurut Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine) selanjutnya disingkat TCM.

Banyak dari kita mengalami kesulitan tidur,  tidak mendapatkan istirahat yang  cukup atau kita sering terbangun di tengah malam. Semakin lama Anda menderita salah satu atau lebih dari gejala-gejala tersebut, semakin Anda mulai untuk  beradaptasi menentukan jam pola tidur baru “normal” untuk diri sendiri. Padahal ini sangatlah tidak sehat yang sangat merugikan kesehatan tubuh, dan pada akhirnya anda melupakan apa dan bagaimana  pola tidur yang  benar-benar alamiah dan sehat. Itulah yang telah saya alami. Meskipun saya tidak memiliki kesulitan untuk tertidur, sering sekali aku akan bangun di tengah malam pada waktu yang sama, dan kemudian tidak memiliki masalah untuk tidur kembali lagi. Saya terkejut, ada penjelasan yang sangat logis untuk mengapa hal ini terjadi dan bagaimana saya bisa mengatasi masalah ini. Ini telah dibahas dalam ilmu Pengobatan Tradisional Cina (TCM) dan ternyata itu ada hubungannya dengan  “jam tubuh” tubuh Anda.

Apa itu  “Jam tubuh” menurut TCM?

Menurut pengetahuan kuno dalam TCM, tubuh kita berjalan pada “jam” yang berjalan menurut meridian energi kita. Meridian pada dasarnya jalan  energi yang mengalirkan energi Qi, darah, dan cairan di seluruh tubuh. Qi diyakini ada di mana-mana di Bumi ini. Ketika Anda sehat, Qi mengalir bebas melalui tubuh, sedangkan bila Anda tidak sehat, Anda juga mengalami penyumbatan dari Qi atau “isi Qi” Anda rendah.

PERHATIKAN GAMBAR DI BAWAH INI! INI ADALAH JAM TUBUH MENURUT TCMSering Terbangun Dari Tidur Di Jam Yang Sama Tiap Malam? Ini Penjelasannya Menurut Pengobatan Tradisional ChinaQi bergerak menuju  seluruh sistem organ dalam interval 2 jam. Selama periode dua jam Qi di dalam suatu organ mencapai puncaknya dan sebaliknya pada  organ yang  berlawanan (lihat pada gambar di atas). Misalnya, mulai pukul 1:00-03:00,Organ hati mendekati puncaknya dengan membersihkan darah, sedangkan usus kecil di sisi berlawanan dari jam berada pada titik terendah. Usus kecil bertanggung jawab untuk penyerapan banyak nutrisi, yang menjelaskan dampak buruk bagi kesehatan  kita akibat makan terlalu malam. Ketika kita makan larut malam, usus kecil kita berfungsi pada titik terendah mereka dan mengalami kesulitan menyerap nutrisi dari makanan kita, sehingga lebih sulit untuk hati kita untuk mendetoksifikasi tubuh kita.

Setiap organ juga berkaitkan dengan unsur , yang mewakili Yin (menerima energi) dan Yang (mengekspresikan energi) dari elemen (Bumi, Logam, Air, Kayu, dan Api).

Elemen-elemen tersebut dapat digunakan untuk mengkategorikan emosi tubuh secara umum:

Bumi: empati, simpati, memberi seimbang dan menerima
Logam: kesedihan dan kehilangan
Air: rasa takut dan kecemasan
Wood: kemarahan, frustrasi, dan kebencian
Api: cinta, benci, dan kebahagiaan

Bagaimana jam tubuh bekerja

Organ tubuh memiliki waktu piket. Menurut ilmu Traditional Chinese Medicine (TCM), ada 12 organ utama dalam tubuh kita, yakni paru-paru, usus besar, lambung, limpa, jantung, usus kecil, kantung kemih, ginjal, selaput jantung, kandung empedu, dan hati. Untuk itu mari kita simak jadwal berikut :

LAMBUNG : 07.00 – 09.00

Organ lambung sedang kuat-kuatnya bekerja pada jam–jam ini. Maka dari itu dianjurkan untuk sarapan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh. Minum jus atau ramuan dianjurkan sebelum sarapan pagi di saat perut masih kosong, sehingga zat yang berguna akan segera cepat terserap oleh tubuh kita.

LIMPA : 09.00 – 11.00

Organ limpa sedang kuat–kuatnya bekerja pada jam ini, dalam mengirim cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam–jam ini Anda merasa mengantuk hal tersebut dapat diartikan bahwa fungsi organ limpa Anda lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

JANTUNG : 11.00 – 13.00

Organ jantung pada jam–jam ini sedang bekerja dengan kuat maka harus banyak beristirahat, hindari panas dan kegiatan fisik, ambisi dan emosi agar tidak menambah beban kerja organ jantung terutama penderita gangguan pembuluh darah.

HATI : 13.00 – 15.00

Organ hati pada jam ini bekerja dengan lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel–sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

PARU–PARU : 15.00 – 17.00

Organ paru–paru lemah pada jam–jam ini. Maka diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru–paru.

GINJAL : 17.00 – 19.00

Organ ginjal kuat bekerja dalam jam–jam ini. Sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

LAMBUNG : 19.00 – 21.00

Organ lambung bekerja lemah pada jam–jam ini. Maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang sulit untuk dicerna atau lama dicerna atau lebih baik untuk berhenti makan pada jam–jam ini.

LIMPA : 21.00 – 23.00

Organ limpa bekerja lemah pada jam–jam ini. Terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Maka dianjurkan untuk beristirahat. Misal dengan mendengarkan musik yang tenang untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG : 23.00 – 01.00

Organ jantung lemah pada jam-jam ini. Maka dianjurkan untuk beristirahat tidur, apabila masih terus beraktifitas seperti bekerja dan begadang maka akan dapat melemahkan fungsi jantung.

HATI : 01.00 – 03.00

Organ hati bekerja kuat pada jam–jam ini. Terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolism tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada lukan dalam akan terasa nyeri.

PARU–PARU : 03.00 – 05.00

Organ paru–paru pada jam–jam ini bekerja dengan kuat. Terjadi proses pembuangan limbah atau racun pada organ paru–paru. Apabila terjadi batuk–batuk, bersin–bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru–paru. Maka dianjurkan untuk sering melakukan olah nafas untuk mendapatkan energi paru–paru yang sehat dan kuat serta kurangi aktifitas yang dapat melemahkan fungsi paru–paru seperti merokok.

USUS BESAR : 05.00 – 07.00

Organ usus besar bekerja kuat pada jam–jam ini. Maka dianjurkan untuk membiasakan diri BAB (Buang Air Besar) secara teratur pada jam–jam ini.

Setelah kita mengetahui jam kerja di atas dimana pada jam–jam tertentu ada organ yang kuat bekerja dan lemah bekerja. Maka marilah kita untuk mulai menjaga kesehatan organ tubuh kita. Mulai kurangi kebiasaan–kebiasaan yang dapat melemahkan fungsi organ tubuh kita.


Bagaimana jam tubuh berhubungan dengan pola tidur kami

Dikatakan bahwa orang yang sedang tidur, Qi ditarik ke dalam untuk mengisi ulang tubuh kita. Peristiwa yang terjadi dalam hidup kita sering berdampak tidur kami dan kemampuan organ tubuh kita ‘untuk berfungsi optimal. Dengan menggunakan jam tubuh, kita bisa menganalisis mengapa tidur kita terganggu pada waktu tertentu dan menentukan bagaimana mengatur pola tidur kita.

Jika Anda bangun antara:

23:00 dan 01:00 – kandung empedu Anda, yang berhubungan dengan kekecewaan emosional, kepahitan dan / atau kebencian, aktif. Hal ini menunjukkan Anda perlu untuk mengimplementasikan besar penerimaan diri dan pengampunan terhadap orang lain.

01:00 dan 03:00 – hati Anda, yang berkaitan dengan perasaan marah, menyimpan dendam, dan yang energi yang lebih besar, yang memuncak. Anda dapat menyeimbangkan energi Anda dengan menerima tanggung jawab untuk mendorong kemarahan Anda dan coba  minum air dingin.

03:00 dan 05:00 – paru Anda, yang terhubung ke kesedihan dan duka, berada di puncak . saat terBangun saat ini adalah tanda bahwa Anda perlu untuk melepaskan perasaan ini dan terhubung dengan spiritual ruh Anda. Hal ini mungkin juga menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami kebangkitan spiritual dan  Anda menemukan tujuan Anda lebih tinggi.

05:00 dan 07:00 – energi Qi telah pindah ke usus Anda besar, yang terkait dengan penyumbatan emosional, rasa bersalah, dan perasaan “terjebak.” Minum air, peregangan, BAB/BAK, dan menangani emosi ini dapat membantu untuk mengatur siklus tidur Anda .

sumber
http://www.collective-evolution.**m/2016/09/26/do-you-wake-up-at-the-same-time-every-night-heres-why-according-to-traditional-chinese-medicine/

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...