Home / Artikel Kesehatan / Buah Zaitun Dapat Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Penyakit Jantung

Buah Zaitun Dapat Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Penyakit Jantung

Kalau Minyak dari  buah ini mungkin Anda sudah familiar dan mengenalnya. Buah zaitun memang memiliki banyak manfaat kesehatan manusia. Buah zaitun yang didapat dari pohon Olea europea, tanaman ini dapat tumbuh selama bertahun-tahun.

Mari kita ketahui apa saja manfaat dan khasiat buah Zaitun bagi kesehatan.

#Mencegah Kanker

Kandungan zat anti oksidan dan karotenoid yang disebut dengan lutein dalam buah Zaitun sangat tinggi. Lutein mampu memusnahkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Buah zaitun bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat secara ampuh mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker lambung.

#Mengurangi resiko diabetes

Berbagai riset yang telah dilakukan telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah zaitun akan mengurangi resiko Anda terkena penyakit diabetes.

#Mencegah penuaan dini

Selain untuk mencegah kanker, kandungan anti oksidan dalam buah Zaitun  juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit. Seperti keriput, kerutan dan kekenduran pada kulit.

#Menyehatkan pencernaan

Kemampuan Buah Zaitun untuk menyehatkan pencernaaan antara lain adalah untuk mengeluarkan racun dan gas penyebab masalah pencernaan.

#Mencegah asma

Kandungan Vitamin C yang dalam buah zaitun dapat membantu Anda untuk menghindari serangan asma.

#Mencegah penyakit jantung

Buah zaitun mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

#Menurunkan Berat Badan

Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam buah zaitun, dapat  menggantikan lemak jenuh, ini otomatis akan  memicu penurunan berat badan. Konsumsi minyak zaitun telah menunjukkan pemecahan lemak pada sel lemak, mengatasi perut gendut, dan mengurangi insensitivitas insulin.

#Kesehatan Kulit dan Rambut

Terutama pada jenis buah Zaitun hitam, karena zaitun hitam  kaya akan asam lemak dan antioksidan yang dapat melembabkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dan rambut. Juga kandungan vitamin E dari buah zaitun sangat penting bagi kesehatan kulit dan rambut.

#Mengurangi Alergi

Penelitian terkini telah memaparkan bagaimana buah zaitun dapat membantu tubuh untuk melepaskan zat anti-inflamasi, khususnya pada kondisi alergi. Ekstrak zaitun telah terbukti berfungsi sebagai anti-histamin pada tingkat sel. Caranya yaitu dengan memblokir reseptor histamine tertentu (yang disebut H1 reseptor), komponen unik pada ekstrak zaitun membantu mengurangi respon histamine pada sel.

#Membantu mengobati Anemia

Zat besi juga dikandung dalam jumlah yang tinggi dalam Buah Zaitun, sehingga bila dikonsumsi mereka yang mengalami anemia dapat menaikkan sel darah merah, sehingga keadaan anemia dapat ditolong.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...