Home / Artikel Kesehatan / Labu Merah Untuk Penderita DIABETES

Labu Merah Untuk Penderita DIABETES

Waluh atau disebut juga Labu merah punya rasa  manis namun konon aman bagi penderita penyakit diabetes.

Labu merah atau Waluh mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Waluh enak diolah menjadi berbagai hidangan, selain itu Waluh juga kaya manfaat kesehatan.

waluh merupakan Sayuran dari genus Cucurbita moschata yang mempunyai indeks glikemik (GI) yang sangat rendah. Seperti diketahui bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah lebih lama decerna sehingga lebih lambat dalam menaikkan gula darah. Oleh sebab itu, labu merah bagus sekali untuk penderita diabetes, sebagaimana dilansir oleh Boldsky.

Kandungan zat gizi penting dalam labu merah :

#Energi (Kal) 29
#Kalsium (mg) 45
#Karoten (mcg) 3,25
#Vitamin C (mg) 1,5
#Kalium (mg) 280
#Vitamin E (mcg) 1,8

Labu merah berkhasiat juga mampu memperbaiki fungsi pankreas. Sayuran ini mengembalikan fungsi pankreas dengan memperbaiki jaringan yang dirusak oleh diabetes. Gula yang ada dalam labu merah sangat sehat, walau rasanya tetap manis. Itu baik sekali bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebab tanpa menambahkan gula, labu merah enak disantap.
Ada kandungan magnesium di dalamnya yang berfungsi menenangkan saraf Anda. Makan labu merah adalah cara yang enak sekali untuk merilekskan tubuh.

Bila fungsi pankreas terganggu maka organ pankreas akan mengalami kesulitan untuk memproduksi hormo insulin, padahal hormon insulin ini  sangat penting bagi tubuh untuk memecah glukosa dalam tubuh.

Yang perlu diperhatikan adalah cara mengolah labu merah ini bagi penderita diabetes. Sayuran itu bisa dimasak menggunakan bumbu seperti kayu manis dan biji pala. Bumbu-bumbu atau rempah tersebut termasuk bumbu yang ramah terhadap penderita diabetes.

Dan tak kalah pentingnya, hindari sama sekali menambahkan gula ke dalam olahan labu. Menambahkan gula membuat tujuan konsumsi waluh yang memiliki GI rendah jadi batal karena gula memiliki GI yang tinggi sehingga dengan cepat menaikkan kadar gula darah.

Sebaiknya mengolah labu merah atau waluh dengan cara dikukus atau direbus. Hindari menggoreng waluh karena akan menaikkan nilai kalori pada hidangan waluh.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...