Home / Artikel Kesehatan / Mengobati Batuk, Eksim Hingga Kanker Menggunakan Daun Sirsak

Mengobati Batuk, Eksim Hingga Kanker Menggunakan Daun Sirsak

Prof. Dr. Okid Parama Astirin, MS dosen Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, bersama Adi Prayitno (Fakultas Kedokteran) dan Anif Nur Artanti (Fakultas Farmasi), pada tahun 2015  melakukan eksplorasi aktivitas bioaktif pada daun sirsak sebagai anti kanker nas0pharynx dan kanker serviks. Hasil uji laboratorium di Fakultas MIPA tersebut menunjukkan, kandungan bioaktif daun sirsak ternyata mampu mematikan sel kanker.

Selain membunuh kanker, daun sirsak juga diketahui memiliki berbagai khasiat obat. Seperti mengobati bisul, rematik, dansakit pinggang.

Daun Sirsak untuk Obat Kanker

Persiapkan 10 lembar daun sirsak, daun sirsak yang memiliki kandungan bioaktif paling baik, adalah daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Cuci bersih  menggunakan air yang mengalir.

Rebus daun sirsak dalam 3 gelas air minum, biarkan hingga mendidih sampai air rebusan menyusut tersisa 1 gelas saja.

Minum 1 gelas air rebusan sehari dua kali. Jika mulai menunjukkan hasil lakukan terapi ini setiap hari selama 2 minggu. Jika belum, lebih baik hentikan setelah satu minggu dan konsultasi pada dokter.

Daun Sirsak untuk Obat Bisul

Ambil sekitar 8 lembar daun sirsak tua yang masih segar,  cuci bersih menggunakan air hangat. Haluskan daun sirsak menggunakan blender atau degnan cara ditumbuk. Oleskan pasta daun sirsak tadi pada bisul hingga  menutupi bagian atas serta sisi-sisi bisul. Biarkan beberapa saat hingga mengering. Setelah itu bersihkan dan bilas dengan air hangat. Lakukan hingga bisul sembuh.

Daun Sirsak untuk Obat Batuk

Siapkan tujuh lembar daun sirsak yang masih muda. Cuci bersih semua daun di air mengalir. Remas-remas daun sirsak hingga hancur, kemudian seduh dalam 1 gelas air hangat.  Biarkan beberapa saat  agar kandungan daun sirsak larut dalam air, kemudian minum obat ini sampai habis.

Obat Sakit Pinggang

Petik sekitar 20 lembar daun sirsak segar, kemudian masukkan ke dalam panco berisi 5 gelas air. Masak di atas api kecil hingga mendidih dan menyusut airnya tinggal 3 gelas. Matikan api dan tunggu agak dingin.  Minum langsung sampai habis. Minum ramuan ini sehari tiga kali masing-masing 1 gelas.

Daun Sirsak untuk Obat Eksim dan Rematik

Petik lima lembar daun sirsak, kemudian hancurkan dengan cara meremas-remasnya sampai halus. Balurkan daun sirsak yang telah diremukkan pada bagian tubuh yang sakit, biarkan untuk  beberapa saat kurang lebih 1 jam. Setelah itu bersihkan dengan air.

Diolah dari berbagai sumber.

Check Also

Jus Pace Atau Noni Ampuh Untuk Obati Asma Menahun

Asma adalah penyakit sesak napas yang dipicu oleh kondisi alergi. Penderita akan mengalami sesak napas, ...

...