Home / Artikel Kesehatan / Suka Makan Sayur Selada? Ini Manfaat Kesehatannya!

Suka Makan Sayur Selada? Ini Manfaat Kesehatannya!

Selada sayuran dengan tekstur renyah, segar, dingin, dengan rasa netral ini banyak digemari masyarakat Indonesia. Biasanya dijadikan pelengkap pada sajian gado-gado, pecel atau lalapan sambel. Sayuran berwarna hijau muda ini juga cantik jika dijadikan hiasan atau garnish pada berbagai sajian masakan. Selada memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Selamat bagi Anda pecinta Selada, karena Anda akan mendapat manfaat sebagai berikut:

Menghambat proses penuaan dini

Bagi kaum hawa  kecantikan itu selalu diutamakan, apalagi yang kaitannya dengan menghambat penuaan dini atau proses penuaan pada wajah. Bagi wanita ini urusan yang penting untuk menjadi selalu tampil cantik, sehat dan terlihat muda meski usianya tak lagi muda. Masalah penuaan dini bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun Selada. Dimana pada sayur ini memiliki kandungan yang disebut sebagai senyawa Zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini.

Selada Baik Bagi Mata

Pada daun Selada ini terdapat vitamin beta karoten atau disebut juga vitamin A. Kandungan vitamin A dalam selada berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dari beberapa resiko seperti mata katarak, iritasi dan gangguan mata lainnya. Mengkonsumsi daun selada dapat mencukupi nutrisi bagi kesehatan mata anda.

Selada sebagai Sumber mineral

Daun Selada mengandung berbagai macam mineral,  seperti mineral kalium dapat bekerja sebagai penguat gigi dan tulang. Terdapat pula mineral zat besi yang bertugas memperlancar pr0ses pembentukan sel darah merah di dalam badan. Serta mineral kalium dengan fungsi sebagai k0mp0nen yang menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan n0rmal.

Memperkuat tulang

Selada mengandung vitamin K yang menjadikannya memiliki peran penting dalam pembentukan suatu h0rm0n yang dikenal sebagai 0ste0tr0pic. H0rm0n ini berfungsi sebagai pencegah adanya ker0p0s pada tulang serta memperkuat k0ndisi suatu tulang.

Menurunkan kadar kolesterol

Mengkonsumsi sayur daun Selada dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kandungan seratnya dan juga antioksidannya yang tinggi inilah yang menjadikan manfaat tersebut.

Pencegah kanker

Daun Selada mengandung senyawa yang disebut sebagai kandungan gluconasturtin. Senyawa ini diyakini dapat  melawan kanker yang tumbuh di dalam tubuh.

Menjaga tingkat kesuburan

Kandungan vitamin C dan folat yang pada daun Selada dapat memberikan kesuburan bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bukan hanya itu saja, Konsumsi daun Selada juga bisa menjaga tingkat kesuburan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa senantiasa menjaga sistem repr0duksi ini hanya dengan mengk0nsumsi daun Selada.

sumber: manfaatnyasehat.com

Check Also

Jus Pace Atau Noni Ampuh Untuk Obati Asma Menahun

Asma adalah penyakit sesak napas yang dipicu oleh kondisi alergi. Penderita akan mengalami sesak napas, ...

...