Home / Artikel Kesehatan / Bahaya Konsumsi Wortel Berlebihan

Bahaya Konsumsi Wortel Berlebihan

Sayuran berwarna  oranye ini memiliki nama latin Daucus Carota, Wortel adalah  sayuran paling dikenal setelah kentang di dunia. Kandungan vitamin A yang tinggi yaitu sekitar 12.000 Satuan Internasional/SI  kerap kali  dikaitkan dengan kesehatan mata.
Memiliki siklus hidup antara 12-24 bulan ,Wortel mempunyai kandungan karbohidrat dalam jumlah besar,adapun cara meng0lahnya bisa mentah atau matang.

Berikut ini adalah berbagai manfaat dan khasiat wortel bagi kesehatan tubuh Anda, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber :

1.) Baik untuk Mata

Vitamin A dan senyawa betakaroten yang ada didalam wortel dan juga kandungan zat lutein di dalamnya memiliki manfaat baik untuk mempromosikan kesehatan penglihatan mata Anda. Selain itu manfaat dari senyawa ini dapat secara efektif mencegah dari terjadinya penyakit glukoma, rabun senja sehingga mampu melindungi mata Anda.

2.) Memperkuat Sistem Imun

Wortel kaya akan nutrisi zat-zat antioksidan dan juga vitamin C memiliki khasiat yang luar biasa bagi kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuh dapat terlindungi dari macam-macam penyakit yang menyerang.

3.) Menyehatkan Pencernaan

Manfaat wortel bagi kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan pencernaan tubuh. Produksi cairan pencernaan dapat dirangsang dengan konsumsi sayuran wortel, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk wortel 20 menit sebelum Anda makan. Lain dari pada itu juga adanya serat larut pada wortel juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan pada pencernaan Anda.

4.) Membuat Kulit Bercahaya

Kandungan vitamin A dan juga anti-oksidan pada sayuran wortel dapat membuat  kulit tetap sehat bercahaya, karena dengan mengasup wortel atau jus wortel mampu membuang racun yang berada pada tubuh sehingga kesehatan tuubuh Anda tetap terjaga.

5.) Mencegah Jerawat

Vitamin A yang terkandung pada wortel dapat bermanfaat untuk mempertahankan Ph normal pada kulit Anda. Wortel juga dapat mencegah muncul jerawat karena wortel memiliki zat yang bersifat antioksidan,  selain itu wortel juga dapat membantu dalam menyembuhkan jerawat yang sudah ada.

Seperti halnya sayuran dan makanan sehat yang lain,  walaupun menyehatkan ternyata wortel juga memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Overdosis konsumsi wortel akan menjadikan kulit jadi Oranye. Penyakit ini dinamakan Karotenimia, ciri cirinya adalah warna kulit berubah,terutama pada bagian telapak tangan, telapak kaki, lutut dan daerah hidung penyakit ini sering disebut Hipervitaminosa.

Kelebihan vitamin A

Ini disebabkan konsumsi kadar vitamin A yang terlalu tinggi setiap hari dalam waktu yang lama. Akibat hipervitaminosis A dapat terjadi secara akut dan kronis akibat mekanisme fisiologis dan bi0kimia dalam tubuh yang menyimpan vitamin A. Efek akut dari hipervitamin0sis A akan terjadi juka kadar vitamin A yang sudah tersimpan dalam tubuh lebih dari 25000 IU/kg. Sedangkan efek kr0nis akan muncul apabila k0nsumsi vitamin A mencapai atau melebihi 4000 IU/kg setiap hari dalam waktu 6 hingga 15 bulan.

Gejala kelebihan vitamin A yang telah akut dapat berupa sakit kepala, pusing, mual, rasa sakit di perut, iritasi dan gangguan penglihatan. Sedangkan gejala kronis akibat kelebihan vitamin A antara lain demam, mulut kering, nyeri pada tulang, an0reksia. Dalam beberapa kasus, efek kr0nis hipervitamin0sis A termasuk adanya tekanan cairan di dalam tulang sekitar 0tak /intrakranial, anemia, dan rendahnya kadar tr0mb0sit / trombositopenia. Jika mengalami kondisi hipervitamin0sis A, segera hentikan k0nsumsi vitamin. Efek kr0nis terutama tekanan intrakarnial harus segera ditangani dengan 0bat diuretic dan mannit0l.

Gejala yang tampak adalah Warna kulit dan bagian putih mata menguning, mual-muntah, hilangnya nafsu makan, berat badan turun,penglihatan kabur, rambut rontok, sensitif pada matahari, kerusakan hati dan ginjal.

sumber : Buku Tahukah Anda buah dan sayur berbahaya dan dari berbagai sumber

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...