Home / Resep Ramuan Herbal / Bawang Merah Bisa Sebabkan Infeksi Pada Lambung

Bawang Merah Bisa Sebabkan Infeksi Pada Lambung

Dengan nama latin  Allium Ascalonicum, tanaman ini merupakan bagian dari bumbu berbagai masakan asia tenggara dan dunia ,dijawa sebutannya adalah Brambang .
Beberapa ciri khas dari tanaman bawang adalah sebagai berikut
. Tanaman Musiman
. Umbi berlapis
.Memiliki akar serabut & daun berbentuk silinder berongga
.Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah fungsi,membesar dan membentuk umbi berlapis

.Bawang merah berasal dari tanaman Allium cepa suku Amaryllidaceae. Secara empiris, bawang merah dipakai untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, termasuk sakit tenggorokan, penyakit kulit, keropos tulang, diabetes, kolesterol tinggi. Berbagai hasil penelitian menunjukkan peran bawang merah dalam menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker. Konsumsi bawang merah dalam jumlah sedang diyakini dapat mengatasi jenis kanker usus bagian bawah, ovarium, dan larings.

KANDUNGAN BAWANG MERAH PER 100 Gram

Beberapa kandungan dan senyawa aktif bawang merah diantaranya adalah :

1. Kandungan Quercetin

Bawang merah mempunyai kandungan senyawa aktif berupa quercetin yang memiliki sifat antioksidan, anti jamur, dan sebagai anti-inflamasi. Jika dilihat dari kandungan itu, maka bawang merah dipercaya sangat ampuh dalam membantu mencegah terjadinya sel kanker. Bukan hanya itu, zat quercetin juga dianggap manjur untuk menyembuhkan sakit demam atau pun sakit flu.

2. Kandungan Allicin

Bukan hanya quercetin, kandungan bawang merah yang lain seperti allicin juga diyakini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam study kasus menyebutkan, mengonsumsi bawang merah yang dilakukan secara rutin diketahui dapat membantu dalam menurunkan dan menjaga tekanan darah pada titik normal. Kalau untuk kecantikan, zat Allicin yang ada pada bawang merah juga dipercaya mampu membantu mengatasi rambut dari ketombe.

3. Kandungan Organosulphur

Para peneliti menyimpulkan bahwa didalam bawang merah mengandung kandungan organosulphur yang tinggi. Organosulphur merupakan senyawa sulfur yang secara efektif mampu membantu mengatasi penyakit kanker lambung dan juga kanker prostat. Senyawa aktif ini dapat berperan menjadi lapisan pelindung saat tubuh sedang melawan kanker di kelenjar perut dan prostat.

4. Kandungan Onionin A

Selain kandungan Quercetin, Allicin, dan Organosulphur. Bawang merah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur dalam berbagai jenis masakan Indonesia ini ternyata memiliki kandungan Onionin A juga. Senyawa Onionin A ini diyakini cukup efektif untuk mengurangi peradangan dan juga rasa sakit yang disebabkan karena berbagai jenis penyakit. Rutin mengonsumsi bawang merah ternyata juga bisa membantu mengobati alergi, asma, dan arthritis (radang sendi) tanpa harus minum obat.

HATI HATI DENGAN BAWANG MERAH..!!!
Bawang merah mempuyai kelembaban berlebih yang mengakibatkan pusing,menggelapkan penglihatan,migraine,sakit kepala dan mengakibatkan gas,selain itu jika terlalu banyak mengkonsumsi bisa mengakibatkan bau mulut tak sedap.

FAKTA
Efek bau pada bawang merah bisa hilang jika dikonsumsi dalam keadaan matang
Bawang merah yang beracun bisa akibatkan infeksi lambung yang buruk

Mengkonsumsi bawang merah tidak dianjurkan bagi penderita gangguan hati dan darah rendah

sumber: Buku “Tahukah anda fakta buah dan sayur berbahaya”

Check Also

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Pernah dengar akar pasak bumi? namanya agak aneh ya guys… semacam mensugesti seseorang untuk membayangkan ...

...