Home / Artikel Kesehatan / Berantas Urtikaria atau Biduran Dengan Ramuan Tradisional

Berantas Urtikaria atau Biduran Dengan Ramuan Tradisional

Biduran yang dalam bahasa medisnya disebut urtikaria merupakan reaksi yang ditunjukkan kulit berupa munculnya bercak-bercak berwarna merah atau putih dan teasa gatal. Bercak  itu awalannya nampak di satu sisi tubuh dan dapat menyebar dengan cepat ke bagian tubuh yang lain. Faktor umum penyebab biduran adalah  alergi.

Jika Anda ragu-ragu mengonsumsi obat untuk mengatasi biduran, mungkin cara tradisional dapat membantu Anda.

1. Asam Jawa serta Temulawak

Buah asam sebanyak 15 gr,  temulawak dan gula aren. Rebus bahan-bahan tadi dalam 2 gelas air hingga mendidih, biarkan sampai tersisa setengahnya. Matikan api, dan dinginkan, lantas saring. Minum ramuan itu untuk mengobati ganguan biduran. Tambahkan madu agar rasanya lebih baik.

2. Bawang Merah serta Daun Kelor

Petik 3 lembar daun kelor, 1 butir bawang merah, dan serbuk pulosari 2 gram. Rebus semua bahan itu dalam 3 gelas air, biarkan mendidih dan tersisa hingga 2 gelas saja. Kemudian disaring. Minum ramuan tadi dua kali dalam satu hari.

3. Kunyit serta Sambiloto

Siapkan 10 gram sambiloto, 20 gram kunyit, 30 gram daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Haluskan semua bahan-bahan tadi.  Rebus kedalam 600 ml air hingga mendidih sampai tersisa sepertiga bagian. Setelah itu disaring dan didinginkan, minum ramuan tadi 3 kali sehari.

4. Minyak Kayu Putih serta Zaitun

Buatlah minyak gosok dengan bahan-bahan seperti minyak kayu putih, minyak zaitun, serta menthol Kristal dengan jumlah masing-masing 1 sendok makan. Campur semua bahan hingga rata. Oleskan merata pada kulit anda untuk menyembuhkan biduran.

5. Jahe serta Cuka Beras Hitam

100 ml Cuka Beras hitam, 30 gram jahe, dan gula merah. Tumbuk jahe segar sampai halus, setelah itu rebus dengan bahan-bahan yang lain dalam air. Setelah didinginkan, minum ramuan tradisional itu dua kali dalam sehari.

Untuk mencegah terjadinya biduran jauhi hal-hal yang jadi pemicu alergi, di antaranya makanan laut dan penyedap makanan, obat-obatan dan sebagian cuaca panas atau dingin. Pertolongan pertama jika mucul biduran garuk, berikan kompres hangat untuk menghilangkan gatal.

Semoga Bermanfaat!

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...