Home / Apotik Hidup / Bonggol Pisang, Jarang Yang Tahu Manfaat Hebatnya

Bonggol Pisang, Jarang Yang Tahu Manfaat Hebatnya

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa Bonggol atau Akar pohon Pisang  mengandung zat-zat bermanfaat seperti serotonin, norepinefrin, tannin, hidroksitriptamin, dopamine, vitamin A, B dan C. Sedangkan Buah Pisang memiliki banyak kandungan nutrisi di antaranya mengandung flavonoid, glukosa, fruktosa, sukrosa, tepung, protein, lemak, minyak menguap, kaya akan vitamin (A, B,C dan E), mineral (kalium, kalsium, fosfor, Fe), pectin, serotonin, 5-hidroksi triptamin, dopamine, dannoradrenalin. Mineral kalium dalam buah pisang cukup tinggi yang kadarnya bervariasi tergantung jenis pisangnya. Sedangkan Buah Pisang yang masih muda mengandung banyak tanin.

Bagian-bagian dari pohon Pisang yang dapat digunakan sebagai obat adalah akar, buah, kulit buah, bonggol, hati batang pisang, bunga, dan daunnya.

Kita bisa menggunakan Akar pisang  untuk mengatasi Sesak napas (asma), Air kemih (urin) mengandung darah, dan Penyakit kulit.

Sedangkan Cairan yang terdapat dalam bonggol pohon Pisang  digunakan untuk mengatasi : Berak darah karena panas dalam, Disentri, diare, Wasir berdarah,Pembersih sehabis melahirkan, Perdarahan setelah melahirkan (perdarahan nifas),Rambut rontok dan beruban, Radang ginjal, sifilis, dan Digigit ular berbisa.

Beberapa hasil riset mengungkap tentang khasiat batang Pisang  atau yang disebut juga gedebog dan bonggol pisang. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa ekstrak gedebog pisang diketahui mempunyai kandungan kimiawi antar lain : Tannin , Saponin dan flavonoid . Unsur atau zat Saponin termasuk glikosida terdistribusi di hampir keseluruhan tumbuh-tumbuhan dan pada umumnya zat saponin mempunyai sifat sangat iritan bagi mukosa tubuh . Selain itu diketahui juga Saponin memiliki aktivitas antiseptik yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh ternak (Anonim, 2005). Sehingga gedebog pisang juga sangat sesuai untuk di olah menjadi pakan ternak.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...