Home / Artikel Kesehatan / Cara Alami Mengobati Sindrom Lidah Terbakar

Cara Alami Mengobati Sindrom Lidah Terbakar

Lidah yang terbakar, juga dikenal sebagai “burning tongue syndrome”, mulut terbakar, sindrom mulut terbakar, glossodynia atau dysaesthesia lidah, adalah suatu kondisi yang menyebabkan sensasi terbakar di lidah Anda tanpa alasan medis yang jelas.

Ini mungkin sebuah gejala kelanjutan (kronis) atau sensasi terbakar berulang, yang bisa sangat tidak nyaman dan membuat frustasi.

Penyebab masalah lidah yang mengganggu ini diklasifikasikan sebagai gejala primer atau sekunder. Penyebab utamanya terkait dengan masalah dengan rasa dan saraf sensorik.

penyebab sekunder meliputi kondisi medis seperti mulut kering, sariawan, kekurangan gizi, gigi palsu yang kurang pas, reaksi alergi terhadap makanan, penyakit gastroesophageal reflux (GERD), obat-obatan tertentu, kebersihan mulut yang buruk, gangguan endokrin dan faktor psikologis, seperti kecemasan, depresi atau stres.

Orang dengan diabetes dan wanita yang telah memasuki tahap menopause berada pada peningkatan risiko untuk mengalami sindrom lidah terbakar. Terlepas dari rasa terbakar atau sensasi tersiram air panas di lidah, gejala lain termasuk rasa logam atau rasa pahit yang menyertai sensasi terbakar, perasaan mulut kering meskipun produksi air liur adalah normal, rasa haus meningkat, hilangnya rasa dan struktur lidah yang  tampak bergelombang dengan kemerahan.

Gejala dapat muncul tiba-tiba atau berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu. Ketika masalah menjadi parah, dapat menyebabkan kesulitan makan, sulit tidur, depresi dan kecemasan.

Hal terbaik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah ada masalah mendasar yang memerlukan perawatan medis.

Sementara itu, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan sederhana untuk mengurangi keparahan gejala dan mencegah komplikasi.

Bagaimana mengatasi sindrom lidah terbakar?

Berikut adalah 10 cara untuk membantu mengobati sindrom lidah terbakar.

1. Air Dingin

Segera setelah Anda merasakan sensasi lidah terbakar, segera minum air dingin. Ini akan memiliki efek mati rasa pada saraf di lidah Anda, yang akan menenangkan sensasi terbakar serta nyeri.

Plus, minum air dingin akan membantu meringankan rasa mulut kering, yang dapat membuat kondisi lebih menjengkelkan.

Minumlah banyak air dingin, atau Anda juga dapat mengisap es batu. Anda bahkan dapat mencoba es krim atau puding dingin.

2. Alpha-lipoic Acid

alpha-lipoic acid (ALA) adalah pengobatan yang efektif untuk lidah terbakar. Antioksidan kuat ini membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas. Bahkan membantu memulihkan fungsi sel-sel saraf yang rusak dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of Pathology Oral dan Obat-obatan mendukung ALA sebagai obat yang efektif untuk sindrom mulut terbakar.

Tes double-blind, studi terkontrol dilakukan selama dua bulan pada 60 pasien dengan sindrom mulut terbakar konstan. Dalam penelitian ini, pengobatan dengan ALA memberikan kesembuhan  secara signifikan pada gejala.

Ambil 600 mg ALA setiap hari selama 20 hari, kemudian 200 mg setiap hari selama 10 hari. Namun, jika Anda sedang mengonsumsi obat lain atau menderita penyakit lainnya, berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil ALA.

3. Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat mempengaruhi jaringan dari mulut dan lidah, menyebabkan sindrom mulut terbakar. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology melaporkan bahwa tingkat serum vitamin B12 rendah dapat menyebabkan sindrom lidah terbakar.

Dengan meningkatkan asupan vitamin B, Anda dapat secara efektif mengobati gejala.

Sertakan sumber alami nutrisi ini dalam diet Anda. Beberapa sumber yang baik termasuk roti gandum dan sereal, gandum, telur, susu, keju, yoghurt, salmon, gandum, dedak, alpukat, pisang, kalkun dan hati.

Atau, Anda dapat mengambil suplemen harian vitamin B kompleks. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang cocok.

4. Baking Soda

Baking soda adalah obat rumahan yang efektif lain. Ini membantu menetralisir lingkungan di mulut Anda dan menyeimbangkan tingkat pH-nya.

Ia bahkan bisa membantu melawan infeksi mulut dan pertumbuhan berlebih dari ragi dalam mulut Anda. Hal ini membantu mengurangi gejala dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Campur 1 sampai 2 sendok teh baking soda dalam segelas air hangat. Berkumur dengan itu beberapa kali sehari.

Daripada menggunakan pasta gigi biasa, gunakan sedikit baking soda untuk menggosok gigi. Jangan lakukan ini secara teratur,  baking soda dapat mengikis enamel gigi dari waktu ke waktu.

5. Madu

Madu adalah pengobatan alami yang dapat membantu menenangkan sensasi terbakar dan bahkan membantu melawan infeksi. Hal ini juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Oleskan madu mentah langsung di lidah Anda. Biarkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air dingin. Lakukan beberapa kali sehari.

Anda juga dapat mencampur 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh kunyit untuk membuat pasta. Oleskan pada lidah Anda, biarkan selama setidaknya 5 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.

6. Lavender

Lavender adalah obat lain yang efektif untuk membakar lidah. Ini membantu mensterilkan mulut dan menenangkan sensasi terbakar.

Kandungan anti-inflamasi dari ramuan ini membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Bahkan mempromosikan penyembuhan dengan cepat.

Oleskan sedikit minyak lavender  di lidah Anda di malam hari sebelum tidur.  Keesokan paginya, bilas mulut Anda dengan air dingin, kemudian sikat gigi seperti biasa.  Lakukan ini setiap hari.

 

 

sumber: http://www.top10homeremedies.com/how-to/treat-burning-tongue-syndrome.html

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...