Home / Artikel Kesehatan / Cara Mengobati Keracunan Makanan

Cara Mengobati Keracunan Makanan

Tiba tiba ada anggota keluarga yang panik karena keracunan makanan, berikut ini adalah tips nya dengan pertolongan yang tepat ,jangan panik , racun itu akan segera keluar dari tubuh anda. Semakin cepat anda bertindak maka semakin cepat racun keluar.

Anda menduga bahwa Anda keracunan makanan
Adanya tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, buang air kecil berkurang, pusing, atau sunken eyes (ada lingkaran hitam di sekitar mata) Ada diare pada bayi atau bayi yang baru lahir
Diare yang berlangsung lebih dari 2 hari (satu hari pada anak) atau parah
Nyeri perut yang parah atau muntah
Demam dengan suhu 38.8 ° C atau lebih tinggi (atau suhu rektal 38 ° C pada bayi berusia kurang dari 3 bulan)
Kotoran tinja yang berwarna hitam, seperti tar atau berdarah
Anda mengenali gejala keracunan kimia atau toksin makanan, seperti muntah, diare, berkeringat, pusing, sobekan di mata, air liur berlebihan, kebingungan psikologis, dan nyeri perut, yang dimulai sekitar 30 menit setelah makan makanan yang terkontaminasi. Anda segera memerlukan perawatan medis untuk membantu menghindari potensi kerusakan pada salah satu atau lebih organ vital Anda. Segera hubungi nomor darurat jika Anda mengenali gejala botulisme, seperti hilang sebagian kemampuan berbicara atau penglihatan, kelemahan otot, kesulitan menelan, mulut kering, kelumpuhan otot dari kepala ke bawah dan muntah. Untuk kasus ini , Anda segera memerlukan perawatan medis karena penyakit ini berpotensi mengancam nyawa.

Nah itu dia tanda gejala keracunan makanan yang harus Anda waspadai,


Gejala yang terjadi ketika seorang menderita keracunan,ditandai dengan gejala sebagai berikut
Mual
muntah
Kram perut
diare yang terjadi tiba tiba (dalam waktu 48 jam) setelah mengkonsumsi makanan/minuman yang tercemar.

Penyebab keracunan makanan ada dua kategori yaitu makanan yang terinfeksi dan makanan yang beracun.
Makanan yang terinfeksi diakibatkan oleh virus,bakteri dan parasit ,sedangkan makanan yang beracun adalah makanan yang terkontaminasi pestisida  atau yang meliputi jamur beracun.

Pertolongan Pertama
Beri oralit atau air hangat campur gula dan garam  sebagai ganti cairan yag hilang selama diare
jangan beri minuman yang mengandung alkohol,kafein,soda
berikan teh seduhan dengan jeruk nipis dan jahe untuk atasi mual/diare
berikan air kelapa karena ion kelapa akan menggantikan ion cairan yang hilang
berikan susu
juga bisa tips berikut ini

1. Minum teh campur madu

Teh merupakan salah satu cara untuk mengatasi keracunan makanan. Kamu bahkan bisa minum the peppermint dengan menambahkan beberapa tetes kemangi dan madu, hal tersebut mampu menyembuhkan infeksi pada perut.
2. Minum jahe campur madu

Selain teh, minum air jahe yang dicampur dengan madu juga bisa mengurangi peradangan dan nyeri pada perut. Bahkan air jahe dicampur madu merupakan salah satu cara mudah untuk mengobati keracunan makanan.
3. Minum jus lemon

Sifat asam lemon merupakan obat yang efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Mengonsumsi tiga sampai empat gelas jus lemon ditambah dengan sedikit garam akan menambah khasiat dari minuman ini.
4. Makan pisang dan apel

Selain minuman, ternyata buah pisang dan apel merupakan buah kaya akan enzim yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab dari keracunan makanan. Selain itu, makan buah pisang dan apel juga membantu pemulihan diare lebih cepat dan mengurangi sakit perut.
5. Minum air putih

Pastikan minum banyak air putih, karena akan membuat tubuh bertenaga dan meringankan kondisi keracunan makanan. Bahkan, minum air dapat membantu mengatasi rasa mual. Bahkan minum banyak air putih membantu tubuh mengeluarkan racun, sehingga memulihkan kesehatan lebih cepat.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...