Home / Artikel Kesehatan / Herbal Alami Berantas Kutu Air Membandel

Herbal Alami Berantas Kutu Air Membandel

Infeksi jamur umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala. Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki.

Penyebab Kutu Air

Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik.

Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki. Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air.

Gejala Kutu Air

Sebagian besar gejala kutu air mirip dengan penyakit kulit lainnya seperti kurap. Berikut adalah tanda dan gejala kutu air:

– Kulit terasa gatal dan merah
– Kulit jadi kering dan bersisik
– Di antara jari kaki dan pada telapak kaki terasa panas
– Terdapat Lepuhan yang mungkin berisi nanah
– Pembengkakan pada kulit

Selain ini, jamur onikomikosis (onychomycosis) juga dapat berkembang yang membuat kuku kaki menjadi tebal, rapuh, dan berubah warna. Ini adalah beberapa herbal alami yang dapat digunakan untuk mengobati kutu air membandel.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan jamur. Minyak kelapa mempunyai khasiat menghambat pertumbuhan jamur sehingga ideal digunakan untuk menyembuhkan kutu air. Asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa adalah komponen terpenting yang mempunyai sifat anti jamur dan anti inflamasi. Selain menjadi agen anti jamur yang baik, minyak kelapa juga sangat efektif dalam melembabkan kulit. Aplikasikan minyak kelapa pada area yang terkena kutu air, dan biarkan bahan aktifnya melawan kutu air.

2. Tea tree oil (minyak pohon teh)

Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah tea tree oil. Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air. Walaupun tidak sepenuhnya dapat menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan kecantikan kulit.

3. Cuka apel

Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit jadi tak normal. Untuk mengembalikan pH kulit menjadi normal adalah salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel dapat menjadi  salah satu bahan alami yang dikenal mampu mengatur pH kulit.

Caranya buat larutan cuka apel dengan air, perbandingannya satu banding satu. Rendam kaki yang sakit dalam larutan tersebut selama 20-25 menit setiap hari.

4. Air garam

Air garam bisa jadi cara paling sederhana untuk menyembuhkan kutu air, yaitu dengan melarutkan garam ke dalam air hangat. Larutan air garam hangat dikenal memiliki sifat anti jamur. Campurkan 2 sendok teh garam dalam baskom berisi air hangat, kemudian rendam kaki selama 10 -15 menit setiap hari.

5. Teh

Panaskan 1500 mililiter air sampai mendidih. Lalu masukkan 6 kantung teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, selanjutnya  rendam kaki yang ken jamur selama setengah jam setiap hari. Teh mengandung asam tanin yang dapat menghancurkan jamur dan juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...