Home / Artikel Kesehatan / Kenapa Makan Belalang ?

Kenapa Makan Belalang ?

Di belahan dunia bagian timur, Serangga Belalang telah menjadi bahan pokok makanan. Belalang tersebut disajikan pada menu di restoran, maupun dijajakan di gerobak sisi jalan. Mereka menganggap sajian Belalang ini adalah santapan yang lezat, bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak yang menyukai sajian serangga ini.

Belalang dapat diandalkan sebagai pangan alternatif dan dapat memperkuat ketahanan pangan dalam masyarakat. Karena selain mudah ditemukan, belalang memiliki kandungan gizi yang tak bisa dipandang remeh. Serangga ini kaya akan kandungan protein dan vitamin.

Kandungan Gizinya dapat menunjang kebutuhan tumbuh kembang tubuh, Selain kadar proteinnya tinggi, dalam belalang terkandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Kandungan vitamin dalam seranga belalang sangat beragam, mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.

Mengapa Makan Belalang?

Berikut adalah keuntungan kita jika memasukkan belalang dalam menu makan sehari-hari.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam belalang jenis apapun mampu meningkatkan kesehatan mata dengan menjaga fungsi saraf mata dengan baik. Vitamin A di dalam Belalang ini juga memiliki peranan yang sangat penting untuk menghambat resik0 pertumbuhan sel-sel kanker dan menaikkan kandungan antioksidan didalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain itu vitamin A yang dikandung Belalang pun memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Vitamin A akan membentuk dan menguraikan menjadi antioksidan sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, akan membantu menghambat dan mengurangi serangan radikal bebas sebagai penyebab berbagai macam penyakit.

Melancarkan sistem pencernaan

Belalang juga memiliki kandungan vitamin B, B1, B2, B6 dan komplek yang dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dengan meningkatkan pr0duksi asam klorida yang mampu mengurai  lemak, protein, dan karbohidrat.

Nutrisi dalam Belalang juga memberikan manfaat lain yaitu:

#Menjaga kesehatan rambut dan kuku
#Meningkatkan kadar produksi energi
#Menjaga sistem saraf tetap sehat
#Meningkatkan kadar kolesterol
#Meningkatkan kesuburan pria

Perlu diketahui, bahwa belalang yang dapat dikonsumsi ini harus tidak bersifat racun yang malah akan membuat kesehatan anda terganggu.

Halalkah belalang?

Para ulama menjelaskan, boleh memakan belalang walau sudah menjadi bangkai. Binatang ini halal sebagaimana terdapat dalil dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ

“Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.” (HR. Ahmad 2:97 dan Ibnu Majah no. 3314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Bagaimana cara menyembelih belalang tadi? Jawabnya, belalang tadi jika mati dengan sendirinya, sudahlah halal sehingga tidak butuh pada penyembelihan khusus karena bangkainya saja suci.

Imam Nawawi berkata,

ويحل السمك والجراد من غير ذكاة

“Ikan dan belalang itu halal dimakan walau tidak lewat proses penyembelihan.” Lalu beliau rahimahullah berkata, “Dan tidak mungkin berdasarkan kebiasaan untuk menyembelih ikan dan belalang, maka penyembelihan keduanya tidak diperlukan.” (Al Majmu’, 9: 72)

[Faedah dari bahasan islamweb.net]

Wallahu a’lam.

Sumber : https://rumaysho.**m/2108-halalkah-belalang.html
http://jabar.tribunnews.**m/2015/10/08/sering-dianggap-remeh-ternyata-ini-manfaat-belalang-jika-dimakan-manusia

Check Also

Minuman Dari Bayam Ampuh Mempercepat Penurunan Berat Badan, Memacu Metabolisme Dan Melancarkan BAB

Apakah Anda bangun dan merasa begitu lelah dan pegal-pegal yang membuat Anda ingin kembali ke ...

...