Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Buah Merah, Mulai Mengobati Hepatitis Sampai Anti HIV/AIDS

Khasiat Buah Merah, Mulai Mengobati Hepatitis Sampai Anti HIV/AIDS

Buah Merah telah banyak dikenal banyak orang. Buah dari Papua ini populer digunakan sebagai obat alami bagi penyakit Aids dan penyakit berat lainnya.  Buah merah yang banyak ditemukan di Wamena, Papua ini dalam istilah ilmiah disebut dengan Pandanus Conoideus.

Nutrisi penting yang ada dalam buah ini yaitu tokoferol dan betakaroten menjadikan buah ini memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai penyakit berat. Buah ini memang berwarna merah dan memiliki bentuk yang lonjong. Minyak dan ekstrak buah merah sering digunakan sebagai obat tradisional untuk melawan berbagai penyakit kronis. Beberapa antioksidan penting seperti karoten, betakaroten, dan tokoferol menjadi nutrisi penting dari Buah Merah. Berbagai senyawa penting juga hadir dalam Buah Merah termasuk di antaranya omega-3, omega-9, asam oleat, asam linolenat, asam linoleat, dan dekanoat.

Khasiat dan Manfaat Buah Merah Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Berat

1. Melawan HIV

AIDS adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus HIV yang menyerang sistem kekebalan tubuh penderita. Paduan tokoferol dan betakaroten yang dikandung buah merah mampu melemahkan virus HIV, dengan memecah asam amin0 yang menjadi makanan bagi v!rus tersebut. Minyak yang dihasilkan dari buah merah juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh (antibody), yang menjadi lemah akibat serangan virus HIV. Protein nabati yang dikandung Buah Merah juga dibutuhkan oleh penderita HIV. Untuk meningkatkan khasiatnya sebagai obat alami Buah Merah dapat dikombinasi bersama pegagan dan sambiloto. Daun pegagan memiliki sifat antivirus, sedangkan sambil0t memiliki sifat antiiritas dan antibiotik. Dosis harian yang dianjurkan adalah 1 sendok teh minyak buah merah sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

T0kofer0l yang dikandung dalam buah merah dapat mengencerkan dan melancarkan aliran darah, sehingga pasokan oksigen dapat berjalan normal. Buah merah juga sarat akan kandungan betakaroten yang mampu mencegah penumpukan flek dalam pembuluh darah, ini menyebabkan sirkulasi darah ke jantung dan 0tak jadi lebih lancar tanpa hambatan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi pada seseorang dengan tensi darah di atas 140/90 mm Hg. Tekanan darah tingi kerap kali memicu penyakit kardiovaskular seperti str0ke dan serangan jantung. Str0ke disebabkan 0leh penyempitan pembuluh darah yang menuju ke 0tak, serta darah yang membeku dan tidak lancar.

3. Mengobati Hepatitis

Hepatitis merupakan gangguan terhadap fungsi hati yang pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Hepatitis B dan C tanpa peng0batan yang tepat, penyakit ini dapat berkembang menjadi sirosis atau kanker hati. Ekstrak dari buah merah mempunyai sifat antivirus dan anti0ksidan yang mampu menghambat pembentukan sirosis hati dan meningkatkan regenerasi sel-sel sehat di hati.

4. Melawan Kanker dan Tumor

Kanker adalah tumbuhnya sel-sel abnormal dengan cepat dan tidak terkendali, yang dapat dimunculkan akibat dari  zat karsinogen, virus, radiasi, atau hormon. Kombinasi beta karoten dan tokoferol dalam ekstrak buah merah merupakan anti0ksidan kuat yang mampu menaikkan fungsi dari sistem kekebalan tubuh, dan memblokir zat karsinogen penyebab kanker.

5. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat mengakibatkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah pada ginjal, jantung, dan otak. Ekstrak dari buah merah dapat melunturkan kolesterol jahat dalam darah, dan meningkatkan kadar kolesterol sehat.

6. Meningkatkan Kecerdasan

Buah merah mengandung asam lemak 0mega-3 dan omega-6 dalam jumlah yang cukup tinggi. Kedua asam lemak ini dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.

Semoga bermanfaat!

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...