Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Luar Biasa Minyak Kemiri, Mulai Perawatan Kulit Kering Sampai Antidiare

Khasiat Luar Biasa Minyak Kemiri, Mulai Perawatan Kulit Kering Sampai Antidiare

Kemiri (Aleurites Moluccana) sangat dikenal di Indonesia sebagai bumbu masakan. Biasanya masakan yang menggunakan kemiri akan lebih gurih dan berminyak.  Tak hanya berguna sebagai bumbu masakan, kemiri memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kemiri yang diambil minyaknya dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut, kulit, dan bagian tubuh lainnya. Penggunaan minyak kemiri telah lama dilakukan sejak jaman nenek moyang kita dulu, biasanya untuk menyuburkan rambut bayi, merawat dan melembabkan kulit, sampai mengatasi diare.

Minyak kemiri yang baik akan tampak jernih dengan warna kuning terang. Biasanya Minyak kemiri diahasilkan dengan metoda cold press.

Minyak kemiri banyak mengandung  asam lemak. Lemak ini terdiri dari :

#9% lemak jenuh, 20% asam oleat (asam lemak omega-9)

#42% asam linoleat (asam lemak omega-6)

#29% asam linolenat (asam lemak omega-3)

#6% asam palmitat

Selain asam lemak tersebut di atas, minyak kemiri juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

Minyak kemiri merupakan pelembab alami yang baik. Asam amino dan asam lemak esensial yang terkandung dalam minyak kemiri dapat berfungsi seperti conditioner alami untuk rambut yang dapat meresap pada batang dan helai rambut sehingga membuat rambut jadi sehat, berkilau, lembut, dan tidak kering.

Minyak kemiri berkhasiat menghilangkan dan mengatasi rasa gatal yang muncul pada kulit kepala akibat ketombe. Minyak kemiri juga berkhasiat dalam meregenerasi sel-sel kulit kepala yang mati. Sehingga penggunaan minyak kemiri sangat disarankan dalam perwatan rambut. Pijat kulit kepala dengan minyak kemiri, berikan tekanan lembut pada bagian pangkal rambut, sehingga minyak rambut dapat meresap sempurna.

Minyak kemiri dapat menjadi solusi untuk masalah kerontokan rambut, menebalkan alis, menyuburkan dan menghitamkan rambut bayi dan anak-anak, karena kemiri juga memiliki khasiat menjaga warna alami rambut.

Cara membuat minyak kemiri di rumah:

Sediakan 20 buah biji kemiri ukuran besar, bakar hingga gosong, masukkan dalam kain kasa, tumbuk halus, kemudian peras kemiri yang sudah halus tadi. Peras hingga minyaknya keluar.

Manfaat lain Minyak Kemiri

Minyak kemiri berkhasiat untuk terapi pada kulit yang sangat kering. Minyak kemiri dapat pula menyembuhkan luka, juga meringankan keluhan kulit sehabis terbakar sinar matahari. Minyak kemiri dapat menghambat penuaan pada sel-sel kulit, sehingga kulit senantiasa lentur dan lembut. Pada beberapa laporan disebutkan bahwa minyak kemiri dapat meringankan gejala psoriasis dan eksim.

Di daerah di Sumatera, biji kemiri banyak digunakan untuk mengatasi diare. Caranya, Biji kemiri dibakar dengan arang, kemudian ditumbuk halus lalu dioleskan pada area perut terutama sekitar pusar.

Di luar negeri yaitu di Hawaii, minyak kemiri umum digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya di rumah sakit, minyak kemiri digunakan untuk meringankan rasa terbakar akibat treatment radiasi maupun memulihkan kulit yang tersengat matahari.
sumber: infomanfaat.com

Check Also

Resep Jus Hijau Untuk Menghidrasi Otak Anda Dan Menghilangkan Migren

Jika Anda menderita sakit kepala migrain atau sakit kepala yang tak tertahankan rasa sakitnya itu. ...

...