Home / Artikel Kesehatan / Madu Semakin Dahsyat Manfaatnya Asal Tahu Cara Minumnya

Madu Semakin Dahsyat Manfaatnya Asal Tahu Cara Minumnya

Madu adalah salah satu obat alami Sebagai rekomendasi dari Ilahi dan yang dianjurkan Rasulullah saw,
Pengobatan itu ada 3 macam : Minum Madu, berbekam,dan kaisy dan aku melarang umatku kaisy (HR.Bukhori).
bahkan banyak tercantum dikitab agama lain tentang manfaat madu yang sangat besar dan para Ahli pun telah sepakat bahwa madu adalah salah satu makanan alami yang paling bergizi di dunia ini.Itulah sebabnya mengapa Madu dikatakan sebagai Pengobatan herbal alami yang tertua didunia. Beberapa ahli menyatakan bahwa madu dapat berperan sebagai antibiotik alami yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat yang ada dalam tubuh. Sementara di Indonesia, madu sering dikonsumsi untuk pengobatan berbagai penyakit seperti batuk, ataupun sekedar menjaga kesehatan karena Rasulullah pun rutin minum madu pada pagi hari. Namun, perlu hati-hati dalam cara mengkonsumsi madu yang benar,Berikut ini cara Terbaik untuk mengkonsumsi madu /minum madu agar kita mendapatkan manfaatnya yang maksimal

Abu Faras dalam kitabnya “Sejarah Bangsa-Bangsa” menyebutkan bangsa di Kurdistan ditakdirkan sehat & panjang usia dengan minum madu.

Dr. WIG Sackett, seorang ahli bakteri dari akademi pertanian Colorado, AS menemukan bahwa madu dapat menghambat serta membunuh bakteri penyakit.
berikut ini tips Minum madu yang baik dan benar:

Meminum madu yang baik adalah ketika perut sedang kosong dan sangat dianjurkan ketika pagi hari yakni ketika tubuh sedang membutuhkan supply energi. Rekomendasi konsumsi madu harian adalah antara 50 – 100 gram setiap hari.

1. Anda bisa mengikuti cara Rasulullah minum madu yaitu dengan cara meminum madu secara langsung dan melumerkannya di mulut sehingga madu bercampur dengan air liur.
bahwa Nabi mengambil madu lalu mengulum di mulutnya hingga lumer ketika bercampur dengan air liur. Secara ilmiah cara ini menjelaskan bahwa madu yang mengandung fruktosa lebih baik dicampur dengan air liur agar mudah larut dan dicerna oleh lambung.

2. Cara lainnya adalah dengan mencairkan madu menggunakan air, karena madu asli akan lama diserap tubuh yakni sekitar 15 jam dan madu yang sudah dicairkan akan cepat bereaksi, yakni hanya butuh waktu sekitar 30 menit.
mengkonsumsi madu di pagi hari bisa menjegah seseorang terkena sakit maag. “Pada pagi hari perut kosong karena Nabi makan malam ringan sekitar jam 8 malam. Madu dapat melapisi dinding lambung sehingga Nabi tidak terkena maag

Penelitian telah membuktikan bahwa jumlah paling baik dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 100 gram sampai 200 gram sehari untuk beberapa kali pengambilan, yaitu 30 s/d 60 gram pada waktu pagi, 40 s/d 80 gram diwaktu siang dan 30 s/60 gram diwaktu sore
Gunakan takaran yang direkomendasikan dan dicampur dengan air hangat  atau air biasa sebanyak satu gelas.
Ingat!!!! jangan menuangkan madu pada air panas, Atau Air Es sebab akan merusak enzim dan menghilangkan khasiatnya.

Pagi : Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan.

Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan

Siang : Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan

Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan

Malam : Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan

Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan

1/2 sendok makan = 1 sendok teh

Sedangkan untuk pengobatan minimal 3 sendok makan setiap kali minum.

selamat merasakan manfaat madu

Sumber:
diolah dari berbagai sumber
diantaranya buku “Rahasia Sehat Bersama Madu Lebah”

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...