Home / Apotik Hidup / Manfaat Sayur Gambas Atau Oyong Untuk Pengobatan

Manfaat Sayur Gambas Atau Oyong Untuk Pengobatan

Mengobati radang tenggorokan

Sayur oyong memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi dan meringankan sakit radang tenggorokan. Untuk mengobati radang tenggorokkan caranya adalah sebagai berikut:

Sediakan sayur oyong atau gambas yang masih cukup muda. Cuci bersih sayur oyong kemudian potong-potong dan blender sampai halus. Oyong yang sudah di blender tadi diminum secara teratur dua sampai tiga kali sehari. Agar rasanya lebih baik bisa ditambahkan gula pasir atau gula batu sesuai selera.

Melancarkan ASI (air susu ibu)

Untuk mendapatkan manfaat sayur oyong untuk melancarkan ASI,caranya Panggang oyong atau gambas beserta bijinya hingga kering, kemudian tumbuk sampai halus sehinga oyong panggang tadi menyerupai kopi. Seduh dengan air panas, lalu diminum 1 sampai 2 kali dalam sehari. Dalam sekali minum ambil sekitar 6 gr untuk membuat kopi 0y0ng sekali minum.

Baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit

Sayur oyong mengandung serat yang cukup tinggi, sama seperti sayur yang lain. Serat ini yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan menghindarkan terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

Membantu mengatasi asma

Sayur gambas atau 0yong ternyata juga bermanfaat untuk membantu mengatasi keluhan gejala sakit asma. Untuk mendapatkan manfaat ini, yang harus dilakukan adalah siapkan oyong yang masih muda. Gunakan oyong beserta tangkainya, cuci bersih dengan air mengalir, kemudian blender sampai halus ( dibuat jus ). Minum jus sayur oyong tadi dua kali dalam satu hari. Lakukan secara teratur.

Check Also

Ganti Gula Anda Dengan Madu Untuk Cegah Diabetes

Madu Sejak dahulu Kala Dikenal sebagai Pemanis Manusia sudah mengenal madu sejak zaman dahulu. Minuman ...

...