Home / Artikel Kesehatan / Mau Hamil , Cobalah Banyak Makan Kecambah (Tauge)

Mau Hamil , Cobalah Banyak Makan Kecambah (Tauge)

Anggapan manfaat konsumsi  kecambah untuk meningkatkan kesuburan ini ternyata memang benar. Hal ini didukung oleh penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry. “Saat kecambah dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, maka nutrisi dalam kecambah membuat aktivitas hormon estrogen menjadi meningkat”. Selain itu, “isoflavon yang tekandung di dalam kecambah juga mampu mendukung hal ini”. Sehingga kombinasi dari kedua manfaat sehat ini membuat reproduksi anda menjadi lebih subur (Lebih produktif).

Penelitian terhadap kambing etawa yang diberi makan kecambah ternyata mengalami peningkatkan kualitas “sperma” jika dibandingkan dengan kambing etawa yang tidak diberi asupan kecambah (tauge). tentu saja temuan ini makin menguatkan anggapan masyarakat tentang khasiat tauge atau kecambah yang bisa membuat reproduksi pria semakin subur.

Namun sebaliknya, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa wanita yang makan kecambah juga dapat  meningkatkan fertilitasnya .

Karena Kecambah atau tauge sangat banyak mengandung gizi yang dapat bermanfaat untuk tubuh manusia diantaranya: Protein, Karbohidrat, Seng, Potasium, Asam folat, Fosfor, Kalium, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Niacin, Serat, dan Energi, tauge berkhasiat untuk meningkatkan sel sperma pada pria dan juga punya segudang manfaat lain .

Mencegah Kanker

Kecambah dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak serat dan air yang dapat membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal tersebut tentunya menjadi kekuatan kecambah dalam mengurangi kanker.

Dengan mendorong berbagai kotoran keluar meninggalkan usus besar akan menyebabkan tidak ada lagi zat-zat racun yang ada di dalam tubuh. Ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker. Demikian juga dengan kandungan antioksidan didalamnya yang sangat berperan dalam mencegah penyebaran sel kanker ganas.
Mencegah Osteoporosis dan Serangan Jantung

Kandungan estrogen alami di dalam kecambah dapat berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan juga mencegah terjadinya kekeroposan pada tulang.

Resiko terserang stroke dan jantung yang disebabkan oleh kadar lemak darah yang melambung pun dapat ditangkal dengan konsumsi kecambah.

Dengan kandungan saponinnya, kecambah dapat menghancurkan lemak jahat dalam tubuh. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam kecambah alfalfa.

Kecambah ini memiliki bentuk yang menyerupai tunas halus berdaun hijau dengan rasa yang renyah dan segar. Keunggulan dari kecambah alfalfa adalah kandungan saponin yang terdapat didalamnya sangat tinggi.
Meningkatkan Kesuburan

Kalau rutin dikonsumsi, kecambah sangat berperan dalam meningkatkan kesuburan seseorang. Kecambah memiliki kandungan vitamin E alfa yang sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi kecambah, ada kemungkinan vitamin E-nya akan melindungi sel-sel telur atau spermatozoa dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Oleh karena itu bagi Anda pasangan yang ingin segera punya momongan,  sangat dianjurkan mulai memasukkan kecambah sebagai menu sehari-hari. Ini akan menunjang progam kehamilan istri Anda. Selamat Mencoba!

 

 

Check Also

Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Dalam Buah Pisang yang masak mengandung serotonin yang merupakan substansi kimia yang bermanfaat menekan sekresi ...

...