Home / Artikel Kesehatan / Mengapa Ada Banyak Semut Dalam Madu

Mengapa Ada Banyak Semut Dalam Madu

Seperti dikemukakan di awal, madu bersumber dari nektar yang berasa manis. Semut suka rasa manis. Maka wajar jika madu disemuti. Bahkan nasi pun, tanpa ditambah gula, bisa disemuti. Ini karena nasi mengandung pati/ karbohidrat yg juga berasa manis. Jika Anda berkesempatan melihat sarang lebah dari dekat, semut juga sering ditemukan merubungi sarang lebah.
.
Lalu kenapa tidak semua madu disemuti ?
Semut lebih mudah mengisap cairan yang encer. Oleh karena itu, madu yang lebih encer biasanya lebih rentan disemuti daripada madu yang kental. Tetapi karena madu mengandung sedikit propolis bawaan dari sarangnya (yang bersifat anti-hama), biasanya setelah beberapa hari, tidak ada lagi semut yang datang merubungi madu.
.
Kalau begitu, apakah semua madu yang tidak disemuti itu palsu ?
.
Belum tentu !
Madu yang cukup kental biasanya kurang disukai semut karena mungkin sulit dihisapnya. Akan tetapi madu yang diolah di pabrik, seringkali harus tampak seragam dan stabil dalam penyimpanan. Beberapa produsen mengentalkan madu dengan pemanasan (Pasteurized/Pasteurisasi) atau menggunakan bahan pengental. Jika tidak dilakukan dengan suhu yang tepat, pengentalan madu bisa menyebabkan madu kehilangan manfaat enzim dan kandungan gizinya.
.
Enzim yang dimaksud adalah Enzim Diastase.
Enzim ini sangat penting sebagai Pengganti Insulin didalam tubuh Penderita Diabetes yang sudah tidak lagi bisa dihasilkan oleh Organ Pankreas.
Insulin bertugas memecah Gula Dapur (Disakarida) menjadi Gula Sederhana (Monosakarida) supaya mudah dicerna oleh tubuh menjadi energi.
Jadi sangat disayangkan jika Madu Asli harus kehilangan Enzim Diastase karena pengolahan yang terlalu berlebihan. Hanya untuk memenuhi Standard RASA, WARNA & KEKENTALAN supaya terlihat menarik di rak pajangan Display Toko/Swalayan.
.
Jika Anda hanya membutuhkan madu untuk memberi rasa manis pada masakan, maka tidak masalah menggunakan madu olahan. Namun, jika Anda ingin memperoleh manfaat optimal madu yang masih mengandung enzim aktif dan zat-zat gizi yang terjaga, sebaiknya pilih madu dari peternakan lebah terpercaya, yang tidak dimasak (“Raw Honey” atau “unprocessed honey”).

Sumber : madu bina apiari

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...