Home / Artikel Kesehatan / Minum Air Dari Mug Tembaga Berkhasiat?

Minum Air Dari Mug Tembaga Berkhasiat?

Apakah Anda pernah mendengar tentang mug tembaga? Seperti gelas, mug tembaga juga dapat digunakan sebagai wadah untuk menampung air minum. Mug tembaga memang terbuat dari tembaga, hanya saja bagian dalamnya harus terlebih dahulu dilapisi materi inert, yaitu Sn ataupun stainless steel.

Jika mug tembaga tidak dilapisi, maka materi tembaga yang terdapat pada permukaan mug dapat luruh dan tercampur ke dalam minuman sehingga tertelan .Ini dapat menimbulkan bahaya kesehatan, karena tembaga merupakan l0gam berat yang sangat beracun bagi tubuh manusia. Beberapa gejala yang muncul akibat 0verd0sis tembaga antara lain adalah mual, diare dan perdarahan pada perut. Namun, jika sudah diberi pelapis tentu bisa langsung dan aman digunakan sebagai wadah minum.

Beberapa orang mengklaim bahwa penggunaan mug tembaga dapat memberi manfaat bagi tubuh manusia, benarkah itu?

Tubuh Manusia membutuhkan tembaga dari asupan makanan ataupun suplemen, karena tubuh tidak dapat mensintesis tembaga. Dalam sehari, tubuh manusia membutuhkan tembaga dengan jumlah yang relative kecil. Pada usia anak-anak sekitar 1 hingga 3 tahun, rekomendasi asupan tembaga per hari adalah sebesar 0,4 mg, sedangkan pada usia dewasa, intake tembaga per hari-nya disarankan sebesar 1,2 mg.

Peran Penting Tembaga untuk Tubuh Manusia

Tembaga adalah satu  dari sekian mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Perannya sangat penting dalam memastikan pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Bersama dengan asam amin0, asam lemak, dan vitamin, tembaga berperan dalam proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh secara normal. Beberapa fungsi tembaga bagi tubuh adalah meningkatkan fungsi 0tak, bersama dengan enzim-enzim yang lain dapat bertindak sebagai anti0ksidan, merangsang terbentuknya sel-sel darah merah, memelihara agar tulang senantiasa sehat dengan cara menjaga k0lagen dan elastin, membantu meningkatkan pr0ses penyerapan zat besi.

Asupan tembaga yang dibutuhkan oleh manusia sangat kecil, dan dapat tercukupi dengan pola makan sehat. Menurut Lauren Blake, dari Ohio State University, mug yang terbuat dari tembaga tidaklah berbahaya untuk digunakan, namun bukan berarti mug ini merupakan penyembuh segala macam penyakit. Hal ini juga dikuatkan oleh pendapat dari Dr. Michael Lynch, menurutnya penggunaan mug tembaga tidak menyehatkan dan tidak juga berbahaya bagi kesehatan.

Tak satupun bukti ilmiah yang menyatakan bahwa penggunaan mug yang terbuat dari tembaga dapat membantu dalam menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi 0tak, menunda penuaan, melawan kanker maupun mengatasi inflamasi atau peradangan. Namun, studi menemukan bahwa air yang ada di dalam wadah tembaga dapat membunuh bakteri, meskipun begitu Blake mengatakan mungkin tidak semua bakteri terbunuh dengan air itu.

Dari yang sudah diuraikan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa minum menggunakan mug tembaga tidak memiliki risik0 membahayakan bagi kesehatan, namun juga tidak mempunyai manfaat yang berarti bagi kesehatan kita. Jadi, jika Anda sering menggunakan mug tembaga, maka Anda dapat mengunakannya tanpa harus khawatir akan risik0nya, namun juga Anda jangan terlalu berharap banyak bahwa hal itu akan membawa segudang manfaat bagi tubuh Anda.

 

sumber: infomanfaat.com

Check Also

Diet Telur Rebus – Turun 10 Kg Dalam 2 Minggu!

Anda akan merasa terkejut akan hasilnya! Salah satu masalah kebanyakan orang adalah obesitas atau kegemukan. ...

...