Home / Artikel Kesehatan / Pengaruh Habbatussauda Untuk Penyakit Gastritis dan Maag

Pengaruh Habbatussauda Untuk Penyakit Gastritis dan Maag

Penyebab Gastritis bisa karena jenis asupan makanan, pola makanan, juga karena adanya infeksi, yakni kuman Helicobacter pylori. Perlu diketahui bahwa Umumnya, 80 persen penyakit maag termasuk jenis fungsional. Maksudnya, tidak ada kelainan pada saluran cerna, namun disebabkan oleh stres, kurang tidur, beban pekerjaan, juga makan tidak teratur. Sisanya, 20 persen termasuk organik, yaitu ada kelainan pada organ pencernaan, seperti luka pada lambung atau kerongkongan.

pengaruh Habbatussauda terhadap penyakit gastritis, kami perlu sampaikan beberapa penelitian yang terkait. Diantaranya:

1. Sebuah riset dengan judul “Anti Ulcer Effect of Nigella sativa Linn Againts Gastric Ulcers in Rat” yang dilakukan oleh Peneliti dari Vinayaka Mission’s College of Pharmacy, dan dimuat di Jurnal Current Science, meneliti efek Habbatussauda dibandingkan dengan obat Ranitidin pada tikus yang terkena Ulkus Gastric secara induksi. Induksi yang dilakukan adalah dengan ligasi pylorus dan pemberian aspirin. Dalam penelitian itu disimpulkan bahwa keefektifan Habbatussauda setara dengan Ranitidin yang merupakan obat farmasi.

2. Sebuah review tentang Aplikasi Terapi dari Habbatussauda yang berjudul “Nigella sativa L: A Review of Therapetic Application” menjelaskan bahwa zat yang bekerja untuk menanggulangi Ulkus Peptikum tersebut adalah Thymoquinon yang terdapat di dalam habbatussauda. Thymoquinon memiliki efek gastroprotektif melawan proses terjadinya ulkus dengan banyak mekanisme. Terutama adalah dengan mengurangi sekresi asam lambung dan menjaga agar Ph di dalam lambung tidak terlalu asam.

Saran terapi: Sebagaimana diketahui, penyakit Gastritis juga bisa disebabkan oleh adanya kuman Helicobacter pylori. Dan sebagaimana juga sudah diketahui, madu merupakan bahan terapi yang efektif didalam membasmi kuman H pylori tersebut. Maka kombinasi dua bahan ini sangatlah dianjurkan untuk diberikan.

Maka praktisnya, gunakan serbuk Habbatussauda yang dicampur dengan madu dimana untuk dewasa dapat dipakai dosis sekitar 10 gram (atau 20 kapsul @500mg) dicampurkan ke dalam madu 3 hingga 5 sendok makan. Adonan tersebut dikonsumsi sehari cukup sekali hingga 2 kali.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...