Home / Artikel Kesehatan / 5 Kebiasaan Buruk Yang Pelan Tapi Pasti Akan Merusak Ginjal Anda

5 Kebiasaan Buruk Yang Pelan Tapi Pasti Akan Merusak Ginjal Anda

Ginjal salah satu organ vital yang sangat penting fungsinya dalam sistem tubuh kita terutama untuk sistem pembuangan dan pemurnian. Ginjal bertugas mengatur kadar fosfat, kalsium, dan mineral. Ginjal ini adalah regulator terhadap tekanan darah. Ginjal memproduksi hormon penting yang diperlukan untuk fungsi ini. Tidak berhenti sampai di sini, ginjal berada di balik pembentukan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dan nutrisi dalam tubuh Anda.

Tugas lain dari ginjal yang layak disebutkan adalah perannya dalam membuang cairan.  Ginjal adalah semacam saringan yang mengeluarkan cairan dan limbah dari dalam tubuh. Dahsyatnya, ginjal menyaring hingga 200 liter darah setiap hari dan  hanya untuk menghasilkan satu sampai dua liter urin.

5  Kebiasaan Yang Perlahan Merusak Ginjal Anda

Beberapa kebiasaan yang paling umum yang akan ternyata merusak kerja ginjal?

1. Tidak Cukup Air

Kekurangan air menyebabkan kerusakan ginjal. Kita analogikan  ginjal sebagai bunga. Jika Anda tidak memberi mereka cukup air, mereka akan mulai layu dan memudar.

Ginjal tidak dapat mengontrol racun dan menghilangkan mereka dari sistem tubuh tanpa bantuan air. Kurangnya konsumsi air akan menghasilkan banyak penyakit dan masalah kesehatan.

2. Menahan Buang Air Kecil

Menahan Kencing meberikan tekanan pada kandung kemih Anda. Menahan kecing hanya akan membuat limbah tertahan di kandung kemih dan bakteri berbahaya menyebabkan infeksi di saluran kemih dan ginjal Anda.

3. Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang merusak seluruh tubuh Anda.Tak terkecuali ginjal Anda. Studi menunjukkan bagaimana merokok merupakan penyebab nomor satu penyakit ginjal stadium akhir.

4. Konsumsi garam berlebihan

Ginjal memetabolisme 95% natrium yang dikonsumsi melalui makanan. Ketika Anda mengambil lebih banyak makanan asin, ginjal dipaksa untuk meningkatkan kemampuan kerjanya untuk untuk mengeluarkan garam berlebih dari tubuh.  Hal ini membuat ginjal kesulitan mempertahankan air dalam tubuh, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan risiko penyakit ginjal.

5. Terlalu Banyak Kafein dan Alkohol

Racun dari alkohol menyebabkan stres pada hati dan ginjal. Racun ini akan merusak ginjal. Ketika Anda minum terlalu banyak alkohol, asam urat akan disimpan dalam tubulus ginjal, yang mengarah ke obstruksi yang mengangkat risiko gagal ginjal.

Terlalu banyak konsumsi kafein akan menimbulkan hal yang serupa. Terutama terhadap tekanan untuk ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal. Menurut sebuah studi dari tahun 2002, asupan yang berlebihan akan kafein akan meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin dan menyebabkan batu ginjal.

kebiasaan lain yang mengakibatkan gagal ginjal:

Diet Tinggi Protein
Kurang tidur
Konsumsi secara teratur obat Analgesik
Mengabaikan Infeksi Umum

Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Sumber: http://mamabee.**m/5-major-habits-that-are-slowly-damaging-your-kidneys/

Check Also

Kabar Baik! Ini 5 Alasan Mengapa Mengunyah Makanan Lebih Lama Baik Untuk Anda

Brian Wansink, PhD dari bagian makanan dan merek Universitas Cornell menemukan bahwa orang-orang yang memiliki ...

...