Home / Artikel Kesehatan / 5 Resep Olahan Terong Ungu Untuk Obati Radang Usus, Hipertensi Dan Hepatitis

5 Resep Olahan Terong Ungu Untuk Obati Radang Usus, Hipertensi Dan Hepatitis

Terong mengandung anthocyanin, senyawa alami ini merupakan phytochemical yang dikenal sebagai flavonoid. Flavonoid yang hadir dalam banyak makanan nabati  selain memberikan manfaat kesehatan, mereka juga berkontribusi pada pewarnaan banyak buah-buahan dan sayuran. Dalam hal ini, anthocyanin adalah pigmen yang larut dalam air yang memberikan terong terkenal dengan warna kulitnya yang ungu.

Banyak manfaat gizi yang diperoleh dengan mengkonsumsi terong terutama pada kulit sayuran ini. kulit terong penuh serat, kalium, magnesium, dan antioksidan. Zat fenolik yang terkandung dalam terong bertindak sebagai anti radikal bebas yang ampuh, ini juga yang membuat terong masuk dalam peringkat top 10 sayuran dalam hal kandungan oksigen kapasitas absorbansi radikal.

Mengingat manfaat luar biasa dari sayuran ungu ini, terong dapat digunakan dalam pengobatan dan perawatan pada berbagai kondisi penyakit. Berikut 5 di antaranya.

1. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi

Siapkan 250 gram terong ungu dan Tahu dan kacang kedelai secukupnya.  Buatlah masakan dari ketiga bahan ini. Jadiklan sebagai menu Anda sehari-hari.

2. Mengatasi hepatitis

Potong-potong 250 gram terong ungu, masukkan dalam panci. tambahkan 30 gram rambut jagung, 100 gram akar alang-alang, kemudian direbus dengan air secukupnya, setelah itu disaring untuk diminum airnya

3. Mencegah dan mengobati kanker

Buat tumuisan menggunakan bahan-bahan berikut:

1/4 kg  terong ungu
10 gram jamur hioka (dijual di supermarket)
10 gram jamur kuping hitam
100 gram udang segar

4. Melancarkan peredaran darah

Buat masakan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

1/4 kg gram terong ungu
25 gram jamur putih kering (terlebih dulu direndam air hingga lembut)
200 gram akar teratai
Dimasak sesuai selera

5. Mengatasi radang usus

Rebuslah sebanyak 1/4 kg terong ungu, bersama 30 gram krokot segar dalam air 600 cc hingga menjadi 300 cc, setelah ditambah gula secukupnya lalu diminum.

Check Also

Minuman Dari Bayam Ampuh Mempercepat Penurunan Berat Badan, Memacu Metabolisme Dan Melancarkan BAB

Apakah Anda bangun dan merasa begitu lelah dan pegal-pegal yang membuat Anda ingin kembali ke ...

...