Home / Artikel Kesehatan / 7 Sayuran Dan Buah-Buahan Berwarna Ungu Untuk Konsumsi Harian Anda

7 Sayuran Dan Buah-Buahan Berwarna Ungu Untuk Konsumsi Harian Anda

Makan makanan yang lebih berwarna akan mendorong Anda untuk mengkonsumsi bahan makanan yang berbeda yang menyediakan berbagai nutrisi.

Sayuran dan buah-buahan dengan warna ungu (atau biru) memiliki  zat antioksidan yang tinggi, inilah membuat mereka tambahan yang sangat baik untuk menu Anda sehari. Berikut adalah tujuh contoh Sayuran dan buah dengan warna ungu yang banyak manfaat:

KEMBANG KOL UNGU

Sayuran cantik ini mengandung semua sifat-sifat kesehatan kembang kol putih tapi dengan bonus tambahan antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Hanya saja jangan heran ketika sayuran ini jadi berwarna hijau ketika dimasak. Anda dapat menggunakan kembang kol ungu di setiap resep yang menggunakan kembang kol putih, misalnya tumisan, puree, dan hidangan lain.

KUBIS UNGU

Kubis Merah berwarna cerah (kadang-kadang disebut ungu). Sayuran ini tidak hanya indah dalam warna, tetapi tambahan yang baik untuk Anda dengan lebih dari dua kali lipat kandungan polifenol dibanding kubis hijau. Secangkir irisan mentah kubis merah mengandung 22 kalori dan 1 g protein tanpa lemak, 5 g karbohidrat, 1,5 g serat, 2,5 g gula alami dan mengandung lebih dari 90 persen air. Menurut Harvard School of Public Health, makanan yang mengandung kadar air tinggi memiliki tingkat kepadatan energi yang rendah, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Kubis merah juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup baik. Secangkir kubis merah yang dimasak sudah memenuhi sekitar 85 persen kebutuhan harian kita akan vitamin C, sementara itu ia juga akan memenuhi kebutuhan harian vitamin A kita sebanyak 20%. Vitamin-vitamin tersebut merupakan zat yang bersifat antioksidan, dimana yang bisa membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, penyakit mata, tulang keropos, stroke, serangan jantung dan batu ginjal. Anda dapat menggunakan kubis merah dalam setiap resep yang untuk menggantikan kubis hijau, seperti Slow Cooker Corned Beef and Cabbage .

WORTEL UNGU

Wortel ungu tinggi akan kandungan zat antioksidan dan anti-inflamasi. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa jus wortel ungu memulihkan keadaan pra-diabetes, lemak, tekanan darah tinggi, jantung-dan kondisi hati rusak pada kelebihan konsumsi karbodirat. Wortel ungu memiliki 28 persen lebih banyak kandungan antosianin yang merupakan antioksidan dari pada  wortel oranye.

TERONG

Sayuran berkulit ungu ini juga berisi beberapa zat antioksidan yang paling ampuh. Terutama kandungan Fitonutrien yang ditemukan di kulitnya. Terong juga merupakan sumber yang baik dari besi, kalsium dan sejumlah vitamin lainnya. Terong merupakan sumber kalium terbanyak dari sayuran lainnya, dimana kalium yang terdapat pada terong ini memeiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung anda. Kalium adalah zat senyawa yang baik dalam menurunkan kolesterol tinggi dan mampu menstabilkan tekanan darah tinggi.

UBI UNGU

Restoran Thailand terdekat menyajikan clam chowder menakjubkan yang menampilkan sajian lezat ubi ungu. Selain menambah kontras warna yang membuat sajian makanan menjadi indah, Ia juga memberikan tambahan lebih dari empat kali kandunga antioksidan dibandingkan dengan ubi biasa, menurut USDA, dan skor antioksidannya setinggi kale dan kubis Brussel. Ubi ungu pernah dianggap sebagai “makanan para dewa.”

BLUBERI

Ada begitu banyak penelitian pada blueberry membuktikan kandungan zat berkhasiat yang bermanfaat pada kesehatan manusia, termasuk penelitian yang menunjukkan bahwa mereka dapat membantu meningkatkan memori, memperbaiki kondisi sistem kardiovaskular, dan membantu dengan regulasi gula darah. Seperti semua produk ungu, blueberry juga tinggi kandungan zat antioksidan.

PLUM

Buah Plum adalah buah yang berair penuh dengan antioksidan dan jumlah sedang vitamin dan mineral, membuat Plum menjadi pilihan yang cocok untuk cemilan buah dalam mangkuk. Fenol yang ditemukan dalam plum bahkan mungkin dapat memerangi kanker payudara! Anda dapat menikmati mereka di Plum Clafoutis ini.

sumber: http://www.mnn.com/food/healthy-eating/blogs/7-purple-vegetables-and-fruits-to-add-to-your-diet

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...