Home / Artikel Kesehatan / Daun Jati Cina Dan Efek Sampingnya

Daun Jati Cina Dan Efek Sampingnya

Efek samping/buruk teh daun jati cina

Di jaman yang serba modern ini, banyak sekali obat-obatan yang beredar. Namun perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi obat-obatan kimia banyak sekali efek sampingnya. Oleh karena itu banyak orang yang mencoba dengan alternatif lain, yaitu obat-obatan herbal.

Meskipun obat herbal aman bagi tubuh anda, mengkonsumsinya pun harus dengan petunjuk pemakaian serta penyajiannya. Mengkonsumsi obat herbal yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping.

Daun Jati Cina amankah bagi Ibu Hamil?

Beberapa obat pencahar yang boleh diberikan kepada IBu hamil, termasuk teh jati cina. Namun, demi keamanan dan keselamatan ibu dan janin yang dikandungnya, maka penggunaan teh jati cina harus terkendali. Penggunaan yang berlebihan atau jangka lama justeru dapat menyebabkan Bumil kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga kurang baik untuk kesehatan janin. Di samping itu dapat pula menyebabkan kekurangan zat gizi, sehingga dapat mengganggu bumil dan tumbuh kembang janin. Obat pencahar, termasuk teh jati cina, umumnya kurang diserap dari usus ke dalam aliran darah ibu, sehingga tidak terkait langsung dengan masalah yang akan timbul pada janin. Dari penelitian yang sudah ada, tidak terjadi peningkatan resiko timbulnya kelainan pada janin. Walaupun berupa obat herbal, teh jati cina dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut, kekurangan cairan, rendahnya kadar kalium dalam darah dan lain-lain. Untuk penggunaannya pada Bumil sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter, atau setidaknya dengan apoteker. Penggunaan teh jati cina tidak dianjurkan untuk penurunan bobot badan, terutama pada Bumil.

.Berikut beberapa ulasan mengenai efek samping dan jati cina ini:
1.Apabila teh daun jati ini di gunakan secara berlebihan maka akn dapat membahayakan organ ginjal anda dan dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Maka di anjuran anda jangan sampai melebihi takarannya.

2.Apabila teh daun cina ini di konsumsi terlalu sering maka dapat menimbulkan perubahan warna pada dinding usus anda. Jika hal ini terjadi maka usus anda akan berubah warna menjadi seperti warna teh ini dan biasanya metabolisme tubuh anda akan terganggu, karena teh ini bekerja cepat dalam mengeluarkan zat yang tak terpakai dalam tubuh kita.

3.Melemahkan otot dan radang sendi. Mengkonsumsi teh ini secara berlebihan dapat mengeluarkan zat-zat yang sebenarnya diperlukan tubuh kita, sehingga efeknya bisa melemahkan otot-otot dan radang pada sendi.

Minum teh jati cina cukup aman digunakan dalam jangka pendek dan atau dalam takaran yang sesuai. Namun, kita perlu harus berhati-hati, bahwa serbuk atau kapsul teh jati cina mungkin saja ditambahkan bahan kimia obat (BKO). Bahkan daun teh jati cina pun, masih mungkin ditambahkan BKO atau tercemar oleh bahan kimia. Ada kemungkinan tindakan pemalsuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu sebaiknya mengkonsumsi teh jati cina yang jelas kemasannya, dan jelas produsennya.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...