Home / Artikel Kesehatan / Gatal Di Kaki Atasi Dengan 6 Herbal Alami ini

Gatal Di Kaki Atasi Dengan 6 Herbal Alami ini

Bagian tubuh yang sering orang lupakan dalam perawatan kesehatannya adalah kaki. Padahal kaki punya beban kerja yang sangat berat. Kaki harus menopang berat badan kita sepanjang hari, kaki pula yang membawa kita bergerak ke mana kita hendak. Kaki adalah bagian tubuh yang paling bawah dan paling jauh posisinya dari letak jantung. Karena itu, jika memiliki masalah peredaran darah, kaki akan merasakan dampaknya lebih cepat.  Gangguan pada kesehatan kaki dapat sangat serius jika kita mengabaikannya. Di antaranya adalah gangguan gatal pada kaki seperti:

Jamur

Jamur menjadi biang keladi penyebab utama telapak kaki sering merasa gatal. Gangguan ini kerap kali disebut Athlete’s foot yang merupakan infeksi jamur kronis ini disebabkan oleh jamur yang berjenis trichophyton rubrum. Jamur ini biasa tumbuh di area yang lembab dan gelap. Jamur ini menyebabkan gata dan nyeri yang sangat menggangu. Biasanya jamur ini muncul di telapak kaki yang mengalami pecah-pecah.

Bakteri

Bakteri dapat masuk dengan mudah bila kaki tidak dirawat dengan baik.Bakteri masuk melalui luka atau biasanya karena kita sering menggaruk pada area kaki yang gatal akibat jamur . Dengan menggaruk bagian tersebut, kulit akan terluka dan bakteri akan mudah masuk.

Terkadang ada beberapa gangguan kulit termasuk gatal-gatal yang akan meninggalkan bekas permanen. Tentu ini akan berdampak pada penampilan kaki Anda, jika sudah terlanjur merasakan gatal-gatal, Anda bisa mencoba beberapa jenis obat kulit gatal tradisional yang akan diuraikan dibawah ini.

Sebelum kami uraikan obat-obat alami penyebab gatal, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat kaki agar terhindar dari gatal-gatal.

#1 selalu menjaga kebersihan. Baik kebersihan tubuh ataupun kebersihan lingkungan dan barang-barang yang kita kenakan di tubuh kita. Biasakan mandi atau membersihkan diri setidaknya 2 kali sehari.

#2 Bersihkan segala macam barang pribadi  yang ada di sekitar Anda secara rutin. Meskipun tampak sederhana, namun hal ini cukup efektif untuk menghindarkan Anda dari gangguan gatal pada kulit. Jaga kebersihan barang-barang pribadi Anda mulai dari baju, celana, kaus kaki, hingga sepatu. Setelah Anda mencuci barang-barang tersebut, jemurlah di tempat yang panas dan terkena sinar matahari. Tujuannya adalah supaya bakteri-bakteri yang menempel bisa mati.

#3 Apabila Anda punya alergi makanan maupun cuaca. Hindari pencetus alergi penyebab gatal. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai alergi yang anda derita.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Gatal Di kaki

Lemon dan Minyak Kelapa

Untuk mengatasi gatal pada kulit gunakan jeruk lemon dan minyak kelapa (virgin coconut oil VCO). Caranya cukup sederhana, peras jeruk lemon, kemudian campurkan air hasil perasannya dengan minyak kelapa. Penggunaanya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang terasa gatal. Biarkan selama satu malam dan tunggu sampai gatal-gatal tersebut berkurang atau menghilang.

Kunyit

Obat kulit gatal tradisional dan alami berikutnya yang efektif yaitu kunyit. Rempah yang satu ini sudah sejak lama dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Siapkan  kunyit yang sudah tua. Tumbuk kunyit hingga halus bersama beberapa lembar daun sambiloto. Jangan lupa mencuci kunyit dan daun sambilotonya terlebih dahulu sampai bersih untuk menghindari kemungkinan terjadinya iritas kulit lain. Oleskan hasil tumbukannya pada bagian tubuh Anda yang gatal.

Lidah Buaya

Terkadang gatal yang muncul akibat alergi juga bisa sampai menimbulkan bentol-bentol yang berisi cairan, untuk gatal jenis ini Anda bisa mencoba menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya sudah lama terbukti mampu mengatasi banyak jenis penyakit kulit, baik untuk kulit gatal berair maupun kering. Potong daun lidah buaya, lalu oleskan cairan atau gelnya ke bagian kulit yang bermasalah. Anda dapat menyimpan sisa potongannya di freezer dan menggunakannya dikemudian hari, dapat disimpan selama satu minggu.

Tanah Liat

Mungkin terdengar jangal, apa benar tanah liat dapat mengobati gatal? Faktanya Tanah liat mampu mengatasi iritasi pada kulit dan juga rasa gatal, terutama rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan atau sengatan serangga. Tanah liat bekerja dengan cara menarik toksin yang ada pada kulit sehingga rasa sakit atau rasa gatal akan berkurang. Campurkan tanah liat dengan air sehingga lembek seperti pasta lalu oleskan pada bagian yang gatal. Cara lainnya  tanah liat dioleskan di kain kasa terlebih dahulu baru kemudian ditutupkan pada bagian yang gatal.

Petai Cina

Petai cina memiliki khasiat sebagai obat kulit gatal dan kering akibat alergi. Kandungan zat yang terdapat dalam Tanaman ini terbukti cukup efektif untuk menghentikan rasa gatal yang terjadi akibat alergi. Cara membuat ramuan dari petai cina adalah Merebus sebanyak 60 gr petai cina dan 10 lembar daun sirih. Rebus kedua bahan tersebut pada 600 ml air sampai airnya mendidih. Setelah itu tunggu sampai airnya hangat atau dingin. Kemudian gunakanlah air rebusan petai cina dan daun sirih tersebut sebagai obat kulit gatal dengan cara dioleskan pada bagian kulit Anda yang gatal.

Petroleum jelly

Petroleum jelly atau juga disebut Vaselin sangat efekttif mengatasi gatal, terutama pada kulit sensitif dan alergi. Meskipun bukan termasuk obat tradisional bahan ini cukup netral dan aman digunakan pada kulit. Anda bisa membelinya di apotik atau toko obat. Perhatikan, jangan ,membeli petroleum jelly yang mengandung parfum, karena parfum justru dapat mengiritasi kulit yang gatal dan sensitif!

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...